Mentan Sebut Harga Mie Instan Akan Naik Tiga Kali Lipat. Ini Penyebabnya !

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:01 WIB
mie instan (bantenraya.com)
mie instan (bantenraya.com)

AYOJAKARTA.COM-- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberi sinyal terjadinya kenaikan harga mie instan hingga 3 kali lipat.

Kendati belum ada kepastian tentang kenaikan tersebut akan terjadi kapan, namun pernyataan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo tak urung membuat was-was.

Baca Juga: Indonesia Banyak Impor Barang Konsumtif, Jokowi Marah Besar: Apa-apaan Ini

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, terjadinya perang Rusia dan Ukraina memberikan dampak cukup signifikan pada harga gandum dunia. Padahal sekitar 30-40 persen suplay gandum di dunia dari Ukraina dan Rusia.

Perang Rusia vs Ukraina ini membuat rantai pasokan bahan  makanan, khususnya gandum menjadi tersendat. Bahkan menurut Yasin, ada sekitar 180 juta ton gandum di Ukraina yang tidak bisa ke luar dari Ukraina. Sementara, Indonesia masih tergantung dari impor.

Karena harga gandum naik, otomatis akan mendongkrak harga mie instan dalam negeri, mengingat gandum merupakan bahan utama dalam pembuatan  mie instan.

Baca Juga: Dari Gandum hingga Kimchi, 10 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Usus

“Jadi hati-hati yang makan mie banyak, dari gandum. Besok harganya 3x lipat itu. Maafkan saya, saya bicara ekstrem saja, “jelas Mentan Yasin dalam Webinar Strategi Penerapan GAP Tanaman Pangan Memacu Produksi Guna Antisipasi Krisis Pangan Global dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Senin (8/8/2022) yang diunggah di YouTube Direktorat Jenderak Tanaman Pangan Kementan.

Ditambahkan Yasin, kendati misalkan stok gandum ada, harganya akan mahal sekali. Padahal pemerintah Indonesia ,mengandalkan impor terus.

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: Suara.com, YouTube Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jam Berapa FYP TikTok Hari Sabtu dan Minggu?

Jumat, 7 Oktober 2022 | 21:24 WIB
X