5 Fakta Tentang Orang Kidal yang Punya Banyak Kelebihan, Diperingati Seluruh Dunia pada 13 Agustus

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:25 WIB
ilustrasi orang kidal (pixabay)
ilustrasi orang kidal (pixabay)

AYOJAKARTA.COM – Ada anggapan  miring tentang seseorang bertangan kidal. Tak jarang tatapan mata orang lain akan memandang rendah, buruk dan tidak mengenakan ketika melihat tindakan orang bertangan kidal.

Dalam keseharian, orang kidal akan melakukan segala sesuatu dominan dengan tangan sebelah kiri. Mulai dari mengambil segala sesuatu, menulis, menggambar, menyisir rambut, memasak dan masih banyak lainnya. Bahkan untuk kaki, akan dominan penggunaan kaki kiri untuk beraktivitas seperti menendang bola.

Baca Juga: Marshanda Ceritakan Pengalaman Pahit Masuk Rumah Sakit Jiwa di Amerika

Kidal dipengaruhi oleh bawaan sejak lahir, dan faktor genetislah yang menentukan apakah seseorang dilahirkan menjadi kidal atau tidak.

Awal mula kidal pernah dikira karena memiliki ilmu sihir. Para peneliti juga pernah mengira kondisi ini disebabkan kerusakan di bagian saraf pada awal perkembangan.

Namun kini perlahan, diketahui bahwa latar belakang kidal adalah fungsi otak kanannya yang mengalami perkembangan  lebih baik dan lebih dominan daripada otak kiri.

Maka sebagai penghargaan atas keberadaan orang kidal setiap tanggal 13 Agustus diperingati sebagai Hari Kidal Internasional .

Peringatan sebagai upaya untuk mempromosikan kesadaran akan ketidaknyamanan orang kidal dalam dunia yang didominasi oleh orang dominan tangan kanan, ini sudah dimulai sejak tahun 1976.

kidaBaca Juga: Sejarah dan Fakta Menarik Hari Kidal Internasional yang Diperingati Tiap 13 Agustus

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: Berbagai Sumber, Urbanjabar.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Manfaat Surat An-Nas yang Bisa Dibaca Setiap Hari

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 15:36 WIB
X