Buruh Desak Presiden Copot Menteri Ida Fauziyah Dicopot

- Rabu, 16 Februari 2022 | 14:24 WIB
Ilustrasi Kantor BPJS Ketenagakerjaan (ayobandung)
Ilustrasi Kantor BPJS Ketenagakerjaan (ayobandung)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Ratusan massa buruh menggelar aksi meminta Peraturan Kementerian Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 2 tahun 2022 dicabut.

Selain mencabut Permenaker, para buruh juga menuntut agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dari jabatannya.

Melansir Republika Rabu (16/2/2022) Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menilai, Permenaker itu telah melawan PP Nomor 60 Tahun 2015.

Dengan demikian, dia menyebut, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah telah melawan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jawaban BPJS Ketenakerjaan Usai Dituding Tunda JHT karena Tak Punya Dana

"Copot menteri tenaga kerja, copot menteri tenaga kerja, tetapi ini tentu menjadi hak perogratif Presiden jokowi untuk mencopot menteri tenaga kerja," tegas Said Iqbal.

Menteri Ida Fauziyah imbuh Iqbal juga tidak berkonsultasi dengan presiden ketika merumuskan Permenaker Nomor 2 Tahun 2022. Karena itu, pihaknya akan mendesak BPK dan DPR untuk membentuk panitia khusus (Pansus) guna menilik kemana 'larinya' dana JHT.

Dia juga meminta, agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) proaktif. "Dengan demikian menteri tenaga kerja telah melawan presiden, Menaker melawan Presiden," kata Iqbal.

Baca Juga: Ini Syarat Seseorang Dapat Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

P-21, Berkas Dinyatakan Lengkap, FS Siap Disidang!

Kamis, 29 September 2022 | 13:01 WIB
X