Fix! Resmi Jadi  Tersangka Suap Izin Apartemen, Mantan Wali Kota Jogja Ditahan di Rutan KPK

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 09:45 WIB
Haryadi Suyuti saat masih menjabat sebagai Wali Kota Yogyakarta. (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)
Haryadi Suyuti saat masih menjabat sebagai Wali Kota Yogyakarta. (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM-  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya secara resmi menetapkan eks Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti sebagai tersangka dalam kasus suap pemberian izin apartemen.

Selain  Haryadi Suyuti, KPK juga menetapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemkot Yogyakarta, Nurwidhihartana (NWH) dan Sekretaris Pribadi sekaligus ajudan Haryadi, Triyanto Budi Yuwono (TBY) sebagai tersangka dalam kasus yang sama.

Sedangkan, satu tersangka lagi yakni pemberi suap yakni Vice President Real Estate PT Summarecon Agung, Oon Nusihono (ON).

"Untuk proses penyidikan dapat efektif, tim penyidik melakukan upaya paksa penahanan para tersangka untuk masing-masing selama 20 hari pertama sampai dengan 22 Juni 2022," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (3/6/2022) kemarin mengutip Suara.com.

Haryadi Suyuti akan ditahan di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih KPK. Sementara, untuk Nurwidhi Hartana ditahan di Polres Jakarta Pusat.

Baca Juga: Saat Menjabat Wali Kota Jogja,  Haryadi Suyuti Selalu Ingatkan Agar ASN Pemkot Tak Korupsi  

Untuk tersangka, Triyanto Budi Yuwono ditahan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur. Sementara tersangka Oon Nusihono dititipkan di Rutan KPK pada Kavling C1.

Alex pun menjelaskan kontruksi perkara kasus ini bermula ketika tersangka Oon melalui Dirut PT Java Orient Property, Dandan Jaya K mengajukan permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dalam pembangunan apartemen Royal Kedhaton yang berada di kawasan Malioboro pada 2019.

Adapun, PT Java Orient Peroperty merupakan anak usaha dari PT. Summarecon Agung. Diketahui, bahwa wilayah yang menjadi lokasi pembangunan adalah masuk dalam Cagar Budaya ke Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemkot Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sahabat UMKM Bogor, bank bjb Dukung Surken Fest

Selasa, 14 Juni 2022 | 21:08 WIB

Minggu Pagi, Gempa Guncang Selatan Laut Jawa Timur

Minggu, 12 Juni 2022 | 11:25 WIB
X