Jokowi Dapat Bocoran dari PBB: Tahun Depan Dunia Akan Gelap

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 07:49 WIB
Presiden Jokowi menyetujui adanya TEI ke-37 tahun ini (Instagram.com/jokowi)
Presiden Jokowi menyetujui adanya TEI ke-37 tahun ini (Instagram.com/jokowi)

AYOJAKARTA.COM - Presiden Joko Widodo atau akrab dengan panggilan Jokowi, mengatakan tahun ini dunia menghadapi situasi yang sulit lebih dari tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan, Jokowi mengatakan tahun depan dunia akan berada di situasi gelap.

Semua negara akan menghadapi situasi yang semakin sulit pada 2023 nanti akibat adanya krisis ekonomi, pangan dan energi.

Menurutnya di masa depan, bukan negara besar yang akan mengalahkan negara kecil.

Bukan negara kaya yang akan mengalahkan negara miskin, melainkan negara cepatlah yang akan mengalahkan negara yang lambat.

Baca Juga: Begini Respons Presiden Jokowi Soal Citayam Fashion Week yang Viral di Medsos

Dia mengatakan dirinya mendapat bisikan tersebut saat berbincang dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lembaga Dana Moneter Internasional (IMF), dan Kepala Negara G7 terkait kondisi dunia pada 2023.

"Beliau-beliau menyampaikan 'Presiden Jokowi' tahun ini kita akan sangat sulit'. Terus kemudian seperti apa? Tahun depan akan gelap. Ini bukan Indonesia, ini dunia. Hati-hati, jangan bukan Indonesia, yang saya bicarakan tadi dunia," kata Jokowi saat menghadiri Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) di Sentul Bogor Jawa Barat, Jumat (5/8/2022).

Jokowi menegaskan, dibutuhkan setidaknya tiga fondasi utama untuk menghadapi tahun-tahun sulit tersebut yakni infrastruktur, hilirisasi, dan industrialisasi, serta digitalisasi.

Halaman:

Editor: Fathul Amanah

Sumber: Instagram @jokowi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Turki Kutuk Serangan Udara Israel di Jalur Gaza

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 20:26 WIB
X