Bolehkah Menambahkan “BIN” atau “BINTI” pada Nama di KTP? Cek Ketentuannya!

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:09 WIB
Ilustrasi KTP (Instagram/ @dukcapilKemendagri)
Ilustrasi KTP (Instagram/ @dukcapilKemendagri)

AYOJAKARTA.COM—Pernahkah kamu menemukan identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang menyematkan kata Bin, atau Binti pada nama di KTP?.

Jika pernah, sebenarnya adakah aturan yang mengatur hal tersebut?

Biasanya seseorang yang memiliki nama cukup pendek, hanya satu kata akan menambahkan bin atau binti nama orang tua, agar nama bisa memiliki lebih dari satu suku kata dalam beberapa urusan.

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Cek NIK KTP Secara Online

Misalnya saja  nama asli Yuni, ini hanya satu kata, maka karena perempuan ditambahkan binti dan disambung nama sang ayah, misalnya Sunaryo. Sehingga di KTP akan ditulis Yuni binti Sunaryo.

Seperti kita tau KTP merupakan salah satu indentitas penting yang harus dimiliki warga negara. Dokumen kependudukan ini selalu dipakai untuk mengurus segala kegiatan yeng melibatkan admistrasi, misalnya melamar kerja, daftar sekolah bagi buah hati, pendaftaran  pengobatan, pembayaran beragam pajak, mendaftar aneka bantuan sosial dari pemerintah dan lainnya

Dalam KTP berisi identitas pemilik kartu yang sifatnya rahasia dan beberapa tidak boleh sembarangan dibagikan ke publik karena dapat memicu  kejahatan baik di lapangan ataupun dunia maya.

Baca Juga: Viral Stiker Hologram e- KTP Munculkan Peta, Bendera Merah Putih dan Burung Garuda, Ini Cara Bikinnya !

KTP memuat identitas yakni :

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: indonesiabaik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X