Karomani Rektor Unila Ditetapkan sebagai Tersangka Bersama 3 Orang Lainnya oleh KPK

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 13:58 WIB
rektor unila
rektor unila

AYOJAKARTA. COM - Dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Rektor Unila Karomani bersama tujuh orang lainnya yang terjaring dalam operasi yang dilakukan di Bandung, Lampung, dan Bali.


"Memang Benar bahwa pada dini hari tadi, Sabtu (20/8/2022), tim KPK menangkap beberapa pihak yang diduga telah melakukan pidana korupsi di Bandung dan Lampung. Salah satunya adalah rektor sebuah universitas negeri di Lampung ( Unila) ," kata Plt. Jubir KPK Ali Fikri

Dalam hal ini tim KPK mempunyai waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status hukum kedelapan orang yang ditangkap tersebut termasuk Rektor Universitas Lampung.

"Sangat disayangkan. Mencederai misi perguruan tinggi sebagai garda moral dan pencegahan korupsi," ujar Plt Dirjen pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbud Prof Nizam.

Baca Juga: Heboh Isu Dana Judi Online Ferdy Sambo untuk Kawal Pilpres 2024, Begini Fakta Sebenarnya!


Setelah melakukan pemeriksaan, Karomani kini ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan tiga orang lainnya yaitu Wakil Rektor Akademik Heryadi, Ketua Senat Unila Muhammad Basri dan Andi Desfiandi selaku pihak swasta oleh komisi pemberantasan korupsi atau KPK.


Selanjutnya dari keempat tersangka yang sudah ditetapkan oleh KPK ini langsung ditahan setelah dinaikkan statusnya sebagai tersangka dalam 20 hari pertama proses penyidikan yang dilakukan oleh KPK.


Menurut Wakil Ketua KPK, Nurul Gufron menjelaskan bahwa, Karomani dan 3 tersangka lainnya ditetapkan sebagai tersangka karena diduga telah menerima suap mengenai penerimaan siswa baru di jalur mandiri Universitas Negeri Lampung (UNILA) .


Keempatnya diduga telah menerima uang sebesar Rp100-350 juta. Dari operasi tangkap tangan yang dilakukan oleh KPK ini telah mengamankan sejumlah barang bukti berupa uang senilai Rp404,5 juta, deposito bank Rp800 juta dan kunci safe deposit box yang diduga berisi emas setara Rp1,4 miliar.

Halaman:

Editor: Dian Naren

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Najwa Shihab Dikritik Warganet, Susi Pudjiastuti Membela

Senin, 26 September 2022 | 10:00 WIB
X