Presiden Jokowi Terbitkan Keppres Terkait Tragedi Kanjuruhan

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 19:35 WIB
Presiden Joko Widodo menerbitkan Keppres nomor 19 tahun 2022 mengenai tragedi stadion Kanjuruhan, Malang.. (Dok. setkab.go.id)
Presiden Joko Widodo menerbitkan Keppres nomor 19 tahun 2022 mengenai tragedi stadion Kanjuruhan, Malang.. (Dok. setkab.go.id)

AYOJAKARTA.COM - Pada Kamis (6/10/22) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) nomor 19 tahun 2022. Keppres ini diterbitkan mengenai Pembentukan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) peristiwa stadion Kanjuruhan, Malang.

Tujuan diterbitkannya Keppres tersebut guna untuk mencari, menemukan serta mengungkap fakta-fakta terkait tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 125 jiwa penonton dan anggota kepolisian. Tragedi Kanjuruhan menjadi tragedi yang paling banyak memakan banyak korban dari dunia sepakbola tanah air. Maka dari itu, kejadian ini menjadi luka yang sangat dalam bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Berdasarkan keppres, TGIPF mempunyai tugas sebagai berikut:

Baca Juga: Tembok MTsN 19 Jakarta Roboh Memakan Korban Siswa Sekolah

A. mencari, menemukan, dan mengungkap fakta dengan didukung data dan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan pada peristiwa Stadion Kanjuruhan Malang.

B. melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan pertandingan sepak bola antara Tim Arema yang berhadapan dengan Tim Persebaya, termasuk prosedur pengamanan yang diatur dalam peraturan perundang undangan, sebagai panduan agar tidak terjadi peristiwa serupa pada pertandingan sepak bola yang lain.

Adapun wewenangnya adalah, berikut:

A. melakukan koordinasi, meminta bantuan, dan memanggil berbagai pihak yang mengetahui terjadinya peristiwa tersebut, baik secara langsung maupun melalui aparat penegak hukum dan/atau aparat keamanan guna mendapatkan data, informasi, dan keterangan yang relevan dan akurat sebagai bahan yang diperlukan untuk mengungkap fakta yang sebenarnya terkait dengan peristiwa Stadion Kanjuruhan, Malang.

Baca Juga: Berapa Kekayaan Lesti Kejora ? Simak Harta Istri Rizky Billar yang Mewah dan Fantastis di Sini

Halaman:

Editor: Tedi Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X