Simak Tips KAI Saat Berburu Tiket Lebaran Ini

  Selasa, 16 April 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi
JAKARTA, AYOJAKARTA.COM--Tiket kereta api (KA) tambahan untuk musim mudik dan balik Lebaran 2019 sudah bisa Anda peroleh sejak 6 April 2019.
 
PT KAI Daop 3 Cirebon meyakinkan, pemesanan tiket KA tambahan sudah bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan beragam channel penjualan tiket resmi KAI lain.
 
Tapi, berburu tiket KA bisa jadi membingungkan dan merepotkan. Nah, Anda bisa mengikuti tips yang disarankan PT KAI saat berburu tiket KA seperti disampaikan Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Kuswardoyo.
 
"Usahakan koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket," katanya menyebutkan tips pertama.
 
Tips kedua, carilah rute dan tanggal alternatif. Bila tiket yang Anda inginkan habis, Anda bisa mencari rute alternatif.
 
Misalnya, kata dia, bila rute Jakarta menuju Solo habis, Anda bisa memesan jalur Jakarta-Bandung terlebih dulu, lalu diteruskan dari Bandung menuju Solo yang relatif masih banyak. Bisa pula menggunakan kereta persambungan, misalnya dari Jakarta-Cirebon, lalu Cirebon-Solo.
 
"Tapi, pastikan waktu antar kereta tak telalu dekat agar tak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, cobalah sesuaikan tanggal bepergian Anda untuk menghindari keberangkatan di tanggal-tanggal favorit," tambahnya.
 
Dia juga mengingatkan agar Anda tak lupa mengecek ketersediaan tiket secara berkala. KAI menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal, baik di stasiun maupun pada aplikasi KAI Access untuk memberikan kemudahan kepada penumpang KA.
 
Karenanya, bila ada tiket yang dibatalkan atau diubah jadwalnya, tiket lama tersebut akan muncul kembali ke sistem ticketing untuk dijual kembali kepada masyarakat melalui seluruh channel penjualan KAI. Pihaknya mengimbau pula masyarakat agar membeli tiket lebaran di kanal resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI.
 
"Tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar," tegasnya.
 
Eit satu hal lagi, saat perjalanan lebaran nanti, diharapkan para penumpang untuk tidak membawa barang yang berlebihan, agar kenyamanan penumpang lain saat berada di stasiun dan di dalam kereta tetap terjaga. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Kuswardoyo meminta agar para penumpang tak memakai perhiasan yang berlebihan selama perjalanan.
 
Itu dia tips-tips yang bisa Anda ikuti. Sudah siap berburu tiket KA untuk mudik? Jangan lupa utamakan keselamatan diri ya! 
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar