Cara Tepat Ajarkan Berpuasa pada Anak

  Senin, 13 Mei 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Berpuasa memang mudah bagi kita yang sudah terbiasa berpuasa setiap tahun. Namun, bagi anak-anak, hal itu cukup sulit, apalagi buat yang baru belajar berpuasa.

Mengenalkan puasa pada anak harus perlahan-lahan, agar mereka tidak kaget. Nah, buat ibu-ibu muda yang masih bingung, ayobandung telah merangkum beberapa tips ajarkan puasa ke anak dari berbagai sumber. Inilah tipsnya.

1. Ajak Anak Pahami Apa Itu Ramadan
Sebelum memulai melaukan hal lain, yang harus dilakukan adalah menjelaskan arti bulan ramadan bagi umat muslim. Contohnya dengan membelikan anak buku cerita pendek muslim yang banyak tersedia di toko buku. 

Dengan gambar dan bahasa yang mudah dipahami, anak akan lebih cepat mengerti. Jangan lupa, orang tua juga harus memberi contoh berpuasa ya.

2. Puasa Bertahap
Banyak orang tua yang mengajarkan anaknya berpuasa dengan cara ini. Jadi pertama-tama misalnya ajarkan anak untuk berpuasa sampai tengah hari (adzan dzuhur). Lakukan hal tersbebut selama seminggu pertama puasa. Nah, jika anak sudah terbiasa, bisa ditambah sampai adzan ashar untuk minggu berikutnya, dan hingga adzan maghrib pada dua minggu terakhir. 

3. Jangan Lupa Berikan Pujian
Tidak ada yang tidak suka dipuji, apalagi anak-anak. Jika mereka berhasil berpuasa, baik setengah hari atau full, berikanlah pujian dan reward. Hadiah bisa berbentuk apa saja, yang penting niatnya.

4. Ajak Anak Persiapkan Puasa
Anak biasanya akan senang jika dilibatkan dalam mempersiapkan sahur dan buka puasa. Misalnya, ajak belanja untuk memilih menu apa yang anak inginkan untuk dimakan saat sahur dan berbuka.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar