Yamaha

Tempat Penitipan Hewan Mulai Ramai Jelang Musim Mudik

  Rabu, 22 Mei 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi

JAKARTA SELATAN, AYOJAKARTA.COM--Klinik hewan Amore Animal Clinic di kawasan Jalan Raya Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, telah menerima puluhan pemesanan dari warga yang hendak menitipkan binatang peliharaan.

"Sudah banyak yang booking (pesan), satu orang bisa lebih dari satu hewan peliharaan, jadi ini sudah ada 153 ekor yang akan dititipkan. Sebagian besar kucing, hanya beberapa ekor anjing," kata Devi Hamedi, petugas bagian administrasi Amore Animal Clinic, kepada ANTARA di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Ia mengatakan klinik menerima penitipan 210 binatang peliharaan saat Lebaran tahun lalu dan menargetkan bisa menerima titipan 250 hewan piaraan selama Lebaran tahun ini.

"Kalau melihat jumlah booking-an sepertinya target akan terpenuhi," kata Devi.

Devi mengatakan pemilik hewan biasanya mulai menitipkan hewan peliharaan mereka tiga hari menjelang Lebaran dan menitipkannya selama tujuh sampai 11 hari.

Guna mengantisipasi kemungkinan peningkatan penitipan hewan, Amore Animal Clinic telah membersihkan tempat dan menyiapkan 300 kandang.

Klinik akan menempatkan satu hewan titipan dalam satu kandang dan menempatkannya di ruangan yang sesuai. Ruangan klinik akan diklasifikasikan berdasarkan status vaksinasi hewan, yakni ruangan untuk hewan yang telah divaksin dan hewan yang belum divaksin, guna mencegah kemungkinan penularan virus.

"Setelah mendaftar di meja admin, hewan peliharan akan diperiksa status kesehatannya di ruangan poli, apakah sudah melakukan vaksin atau belum," kata Megi Satria, dokter hewan di Amore Animal Clinic.

Megi menyarankan para pemilik binatang peliharaan melakukan vaksinasi dua minggu sebelum menitipkannya ke klinik agar hewan peliharaan tidak mengalami stres saat harus beradaptasi dengan tempat penitipan.

Saat pemeriksaan, dokter juga akan melihat kondisi umum binatang peliharaan.

"Lihat kondisi umum ada bersin-bersin atau tidak, pup-nya bagaimana, ada muntah atau tidak, nafsu makan turun atau tidak, keaktifannya bagaimana," kata Megi.

Klinik akan memberi laporan kepada pemilik setiap hari dan melakukan pemeriksaan dan penanganan jika binatang peliharaan sakit.

Di Amore Animal Clinic, biaya penitipan satu kucing Rp55 ribu per hari, dan satu anjing Rp75 ribu per hari.

Selama dititipkan, binatang peliharaan akan mendapat fasilitas kontrol kesehatan harian dokter jaga. Klinik menyediakan makanan untuk binatang-binatang peliharaan yang dititipkan, namun memperkenankan pemilik hewan menyediakan sendiri makanan untuk binatang peliharaan mereka.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar