Yamaha

Jadwal One Way dan Contra Flow Arus Mudik Balik Lebaran 2019

  Senin, 27 Mei 2019   Rizma Riyandi
Kendaraan roda empat mengalami kemacetan menuju GT Pasteur, Kota Bandung, Sabtu (18/3/2017). (Ayobandung.com)

BEKASI, AYOJAKARTA.COM--Menghadapi periode arus mudik dan balik Lebaran 2019, Korlantas Polri dengan Jasa Marga akan memberlakukan sejumlah pengaturan lalu lintas jalan tol di antaranya contra flow dan one way di ruas tol Trans Jawa. 

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri menjelaskan pengaturan jalan itu akan dilakukan bertahap. Dua kali untuk arus mudik dan satu kali untuk menghadapi arus balik. 

Rencana pengaturan lalulintas contra flow maupun one way akan diberlakukan mulai tanggal 30-31 Mei 2019 dan 1-2 Juni 2019 untuk arus mudik dan 8-10 Juni 2019 untuk arus balik, papar Refdi dalam keterangan tertulis yang diterima Ayobandung.com, Minggu (26/5/2019).

Adapun dengan rencana operasi tersebut, Refdi menjelaskan, contra flow akan diberlakukan mulai dari kilometer 29 sampai dengan kilometer 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 06.00-21.00 WIB.

Sementara untuk pengaturan one way diberlakukan mulai dari kilometer 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan Kilometer 263 Jalan Tol Pejagan-Pemalang pada pukul 09.00-21.00 WIB. 

Ia menuturkan, pemberlakuan skema contra flow dan one way ini juga dengan pertimbangan untuk mengakomodir lalulintas jarak pendek serta lalulintas dari dan menuju Bandung.  

Terkait one way sendiri, jelas Ferdi, hanya dapat digunakan untuk kendaraan kecil, sedangkan kendaraan besar atau bis serta pengguna jalan dengan jarak pendek agar menggunakan jalur normal. 

Sementara untuk pengguna jalan dengan tujuan jarak jauh seperti Cirebon, Semarang dan seterusnya dapat menggunakan jalur one way sebagai jalur alternatif.  

Adapun guna mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, kecepatan kendaraan yang diizinkan di jalur one way maksimum 80 kilometer per jam.

Refdi juga mengingatkan kembali bahwa masyarakat agar menggunakan fasilitas diskon 15% tarif Lebaran yang diberikan oleh para pengusaha Jalan Tol mulai tanggal 27-29 Mei 2019 untuk arus Mudik dan 10-12 Juni 2019 untuk arus Balik, sehingga volume lalulintas dapat terdistribusi dan kepadatan tidak terjadi.  

Hal yang tidak kalah penting pengguna jalan untuk mempersiapkan perjalanannya dengan lebih matang. Pastikan kendaraan dan pengendaranya prima, isi penuh bahan bakar kendaraan dan pastikan kecukupan saldo tol, pungkasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar