Tips Merawat Kendaran Saat Mudik

  Rabu, 29 Mei 2019   Rizma Riyandi
Sejumlah kendaraan melintasi bangunan jalur penyelamat di turunan jalan raya Magelang-Wonosobo desa Gondang, Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah Rabu (29/5/2019). Jalur mudik di antara gunung Sindoro-Sumbing tersebut merupakan jalur rawan kecelakaan karena banyak tikungan, turunan maupun tanjakan sejauh 10 kilometer serta sering berkabut saat pagi dan sore hari. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Pemeriksaan kendaraan roda empat ke bengkel sebelum mudik Lebaran 2019 semestinya termasuk perawatan eksterior dan interior agar Anda selalu nyaman menyusul mobil masih menjadi moda transportasi primadona masyarakat Indonesia untuk mudik lebaran.

Direktur Keamanan dan Grup Bisnis Industri 3M Indonesia Ashutosh Shirodkar, dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Rabu (29/5/2019), mengatakan perawatan eksterior dan interior mobil merupakan bagian yang tidak kalah penting bagi para pemudik yang akan menempuh perjalanan jauh.

"Menjelang hari raya, masih terdapat masyarakat yang memilih melakukan perjalanan 'mudik' dengan mobil pribadi. Dengan perawatan eksterior dan interior yang baik, mobil akan siap menghadapi segala risiko pergantian cuaca hingga membantu untuk mencegah jamur yang dapat mengganggu penglihatan ketika berkendara," ujar Ashutosh.

AYO BACA : Mudik Jalan Darat Beresiko Tinggi

Berikut beberapa tips perawatan mobil yang perlu diperhatikan calon pemudik agar kendaraan mereka tetap kinclong saat perjalanan mudik ke kampung halaman:

1. Kenyamanan dalam berkendara (Perawatan Interior)

Untuk merawat interior, mobil tidak harus dirawat di salon mobil. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan membersihkan dashboard. Kemudian, angkat semua jok di mobil dan bersihkan karpet dengan vakum pada lantai mobil. Bersihkan ruang di dalam mobil dengan konsentrat pembersih mobil yang tepat seperti 3M All Purpose Cleaner.

AYO BACA : ASN Dilarang Mudik Pakai Kendaraan Dinas

2. Tampil lebih kinclong (Perawatan Eksterior)

Pada bagian luar, Anda perlu memperhatikan bagian kaca mobil agar tidak dapat timbul jamur yang dapat mengganggu konsentrasi Anda ketika mengemudi.

Ashutosh mengatakan cuaca yang tidak dapat diperkirakan selama perjalanan mudik dapat mempercepat kemunculan kotoran dan residu pada cat kendaraan Anda.

"3M Waterless Wash & Wax 39110 menjadi solusi praktis untuk menghemat waktu dan energi Anda dalam menjaga kebersihan mobil. Pembersih yang tidak membutuhkan air dan cukup semprot untuk membersihkan mobil dengan cepat," ujarnya.

Bagi Anda yang berencana pulang ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi, jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan berkendara sehingga Anda semakin percaya diri mudik dengan mobil pribadi.

AYO BACA : Penting! Jangan Sampai Dehidrasi Saat mudik

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar