Bantu Pemudik Lebaran, 591 titik pos PMI di Siagakan.

  Kamis, 30 Mei 2019   Rizma Riyandi
PMI
Untuk membantu pemudik lebaran tahun ini, Palang Merah Indonesia (PMI) membuka sedikitnya 591 titik pos pertolongan pertama (PP) dengan mengerahkan 10.587 personil termasuk dokter dan paramedis dan 393 unit ambulans dimulai dari H-7 dan H+7.
 
“Tim Pos PP PMI akan bertugas memberikan pelayanan di berbagai tempat keramaian di sepanjang pantura, terminal bis, stasiun kereta, pelabuhan laut, pusat rekreasi atau kawasan wisata, yang banyak dikunjungi oleh masyarakat saat Hari Raya Idul Fitri,” jelas Pelaksana harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita pada saat menggelar Apel Siaga Lebaran 2019 di halaman  Markas Pusat  pada Rabu (29/05).
 
Selain Pos PP dan Ambulans, PMI juga menyiagakan klinik serta Unit Transfusi Darah (UTD) yang ada di kabupaten/kota untuk mendukung arus mudik dan balik pada Lebaran 1440 H.
 
Dikatakanya, Masalah keselamatan di jalan raya juga menjadi salah satu tugas personil yang bertugas di wilayah arus mudik kali ini. Upaya sosialisasi keselamatan di jalan raya kepada seluruh pemudik khususnya untuk kendaraan pribadi dilakukan PMI di setiap pos PP, dengan berbagai media seperti stiker, leaflet, brosur serta kampanye melalui media sosial.
 
Tahun ini PMI berbagi tips mudik yang aman, nyaman dan sehat,  dimana sebelum keberangkatan mudik, para petugas PMI akan membagikan PP Kit Personal kepada pemudik serta memeragakan layaknya pramugari tips mudik yang aman, nyaman dan sehat untuk membantu pemudik yang melakukan perjalanan dengan kereta api dan bis.
 
Masyarakat umum juga bisa mendownload aplikasi pertolongan pertama (First Aid) PMI yang dapat diunduh secara gratis di Playstore dengan link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cube.gdpc.fa ataupun di IOS dengan link berikut https://itunes.apple.com/id/app/first-aid-ifrc/id1312876691?mt=8.
 
Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mengenali serta untuk mengatasi beberapa permasalahan kesehatan selama mudik, seperti kaki terkilir, tergigit serangga, demam, diare, tekanan darah tinggi serta pencegahan cidera dan luka, keluhan penyakit menular maupun penyakit tidak menular lainnya.
 
Atep Maulana
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar