Yamaha

Bogor Utara Direncanakan jadi Alternatif Pusat Baru Kota Bogor

  Selasa, 18 Juni 2019   Rizma Riyandi
Potret Lanskap Kota Bogor dari atas udara (Instagram Bima Arya)

BOGOR, AYOJAKARTA.COM--Wali Kota Bogor Bima Arya melalui postingan instagramnya menyampaikan bahwa wilayah Bogor Utara direncanakan akan menjadi alternatif pusat kota baru di masa depan namun tahapannya sudah dimulai sejak sekarang.

Saat dikonfirmasi, Bima mengatakan bahwa rencana tersebut sudah ada sejak tahun 2014 dan sudah dimasukan ke dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bogor.

AYO BACA : Nikmati Racikan Kopi dengan Komposisi Bumbu Dapur di Sepertiga Coffe and Child

"Saya sudah menyampaikan itu sejak tahun 2014 ketika saya dilantik dan itu sudah dimasukan ke RPJMD kemaren dan diperkuat lagi dengan RPJMD kedepan," ujar Bima, Selasa (18/6/2019).

Bima mengatakan dalam RPJMD itu direncanakan adanya pengaturan zonasi wilayah di Kota Bogor seperti peruntukan zonasi wilayah pelayanan, jasa, perdagangan, pemerintahan dan pemukiman.

AYO BACA : 100 % Bogor Pisan, Gaungkan Identitas Produk Asli Kota Hujan

"Selama ini kota berantakan tidak ada ketegasan untuk mengatur zona dan wilayah, nah sejak 2015 itu diatur secara ketat mana wilayah pelayanan untuk jasa, perdagangan, pemerintahan, pemukiman nah kedepan kita arahkan," terang Bima.

Pengaturan zonasi sambung Bima merupakan upaya untuk mengurangi beban pusat kota yang sekarang berada di sekitaran Istana dan Kebun Raya Bogor. Kedepan wilayah ini akan difokuskan sebagai wilayah herritage dan pemerintahan.

Sementara untuk Bogor Utara sesuai rancangan RPJMD akan dijadikan wilayah pusat perdagangan, jasa dan permukiman.

"Pusat kota tidak akan berpindah tetap di Istana, Kebun Raya, dan Balaikota tetapi aktivitas perdagangan bisnis bergeser sesuai dengan RPJMD wilayah perdagangan, pelayanan jasa dan permukiman iti akan ada di bogor utara. Ini Sudah lewat kajian bukan saya yang milih tapi RPJMD," tukas Bima.

AYO BACA : Bogor Luncurkan Batik ASN dan Logo 100 % Bogor Pisan

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar