Yamaha

Sukses Jadi Pengusaha Kuliner, Ghibran Rakabuming Siap Go Internasional

  Jumat, 05 Juli 2019   Istihanah Soejoethi
Ghibran Rakabuming. (Istihanah Soejoethi)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM—Sudah bukan rahasia lagi bahwa Ghibran Rakabuming sukses membangun bisnis di bidang kuliner. Mulai dari bisnis katering, martabak, hingga yang terbaru bisnis minuman asli Indonesia dengan nama Goola. Anak sulung Presiden Jokowi ini mengaku sengaja mengangkat menu asli Indonesia untuk merek minuman terbarunya ini.

Ayah satu anak itu mengaku ingin mengedukasi masyarakat agar lebih mencintai produk Tanah Air. Menurutnya, banyak minuman Indonesia yang menarik untuk di-explore oleh masyarakat.

“Seperti yang sudah saya katakan. Minuman Indonesia itu kalau di-branding dengan baik, packaging-nya baik, pasti bagus,” ujar Ghibran Rakabuming saat pembukaan outlet Goola di Plaza Indonesia, Jumat (5/7/2019).

Goola sendiri merupakan merek yang sudah dikembangkan oleh Ghibran bersama temannya, Kevin Susanto sejak 17 Agustus 2018 dengan outlet pertama di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Namun, kakak dari Kaesang Pangarep itu menganggap baru inilah saatnya untuk benar-benar memperkenalkan brandnya ini.

“Namanya keluarin brand baru kan enggak gampang ya. Kita harus mempelajari marketnya, banyak banget tantangannya. Tahun ini juga kan banyak banget brand luar yang masuk. Makanya kita sekarang udah yakin sana brand kita, baru kita push sekarang,” jelasnya.

Bahkan, Ghibran dan Kevin pun sudah memiliki target untuk membawa brand minuman asli Indonesia ini untuk go internasional.

“Kami memang berencana untuk membawa brand ini go international dan kami juga sudah menargetkan untuk membuka 100 outlet hingga 2020 mendatang,” terang Kevin.

Sementara itu, saat membangun Goola yang mengangkat cita rasa Indonesia, Ghibran mengaku memiliki banyak tantangan. Terutama dengan banyaknya kompetitor yang berasal dari luar negeri datang ke Indonesia.

Mindset anak sekarang kan gitu, maunya dari brand dari luar negeri. Padahal, brand dalam negeri juga banyak banget yang bisa diunggulkan,” jelas Ghibran.

Meski begitu, Ghibran Rakabuming dan rekannya mengaku tetap optimistis Goola dapat diterima di Indonesia dan mancanegara. Apalagi, banyak menu unggulan yang memang hanya ada di Indonesia.

“Minuman kami semua pakai resep asli, jadi kami optimis kalau brand kami dapat diterima oleh masyarakat. Apalagi menu unggulan kami juga enggak bisa dibeli di mal-mal, seperti es doger, es blewah yang hanya ada di bulan Ramadan dan beberapa menu andalan lainnya,” pungkas Kevin.

Hingga kini, Goola telah memiliki lima cabang, yaitu di Cikini, Tokopedia Tower, Pacific Place, Plaza Indonesia, dan Padang Merdeka Mall Kelapa Gading. Adapun minuman unggulan dari Goola adalah Es Doger, Es Merdeka 45, dan authentic coconut foam.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar