Begini Cara Keluarga Ringgo Mengatasi Anak Rewel di Pesawat

  Kamis, 11 Juli 2019   Istihanah Soejoethi
Ringgo Agus Rahman bersama keluarga (instagram)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Melakukan penerbangan jauh dengan waktu perjalanan panjang, bukanlah suatu hal mudah untuk dilakukan oleh setiap keluarga, khususnya yang memiliki anak kecil. Seperti yang dirasakan keuarga selebritis, Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck.

Pasangan yang sudah dikaruniai satu anak ini mengatakan bahwa mereka perlu persiapan yang matang, sebelum mengajak putranya Bjorka untuk menempuh perjalanan panjang menggunakan pesawat. 

"(Anak tidak rewel di pesawat) itu untung-untungannya. Tapi, biasanya kami siasati dengan pilih penerbangan malam, puasin anak makan atau ajak dia (Bjorka) jalan-jalan di dalam pesawat kalau sudah mulau bosan atau rewel," ujar Ringgo di kawasan Wahid Khasyim, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019). 

Meskipun begitu, Ringgo mengaku sempat cemas saat pertama kali mengajak sang anak melakukan perjalanan menggunakan pesawat pertama kali. 

"Bjorka pertama naik pesawat itu umur empat bulan ke Bali. Kalau perjalanan jauh, umur 1,5 tahun itu terbang 14 jam," jelas Ringgo.

Namun, belakangan Ringgo sudah merasa tak khawatir jika mengajak sang anak untuk pergi berlibur dengan menggunakan pesawat. Pasalnya, penumpang pesawat tidak pernah keberatan saat banyak orangtua yang mengajak anaknya berkeliling di dalam pesawat ketika mereka sedang tantrum.

"Beberapa orang (di pesawat) yang sangat berpendidiikan di dunia, enggak ada komplen soal bayi, santai aja gitu. 

Kalo terganggu ama bayi, agak aneh, kan bayi belom bisa apa-apa," terang Ringgo. 

Menurut Ringgo, liburan merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan untuk keluarganya. 

"Rasa deg-degan (bawa anak naik pesawat) itu harus dilawan. Karena istri kan capek nguurs anak, jadi harus diajak jalan-jalan. Walaupun tetap deg-degan ya," tutur Ringgo. 

Aktor kelahiran Purwakarta itu juga mengaku tidak pernah kapok untuk mengajak anaknya yang masih berusia 3 tahun, untuk bepergian jauh dengan pesawat. 

"Kalau dia sudah sekolah kan, enggak bisa seenaknya diajak jalan-jalan dan harga tiket pesawatnya juga naik saat libur sekolah, jadi sekarang waktunya buat ajak dia jalan-jalan," pungkasnya. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar