Penghuni Rusunawa Pesakih Senang dengan Layanan Transjakarta Gratis

  Kamis, 11 Juli 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi Tranjakarta (Antara)

JAKARTA BARAT, AYOJAKARTA.COM--Warga Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Pesakih menyatakan puas dengan layanan bus gratis yang disediakan Transjakarta.

"Semua warga rusun dapat kartu untuk naik transjakarta, jadi ke mana-mana sepanjang masih ada jalur bus kami bisa gratis," kata Een, salah satu pengguna bus gratis dari Transjakarta, saat ditemui di tempat menunggu bus pengumpan di area Rusunawa Pesakih pada Kamis (11/7/2019).

AYO BACA : Beragam Bus Transjakarta Akan Dihias untuk Meriahkan HUT Ibu Kota

Selain menggratiskan layanannya kepada para penghuni rusunawa, Transjakarta juga menyediakan bus pengumpan (feeder) dari dalam area rusun menuju Halte Kalideres.

Saat ini, hanya ada dua bus pengumpan bagi warga rusun, yang beroperasi bergantian. Bus pengumpan yang menunggu di dalam area rusun baru akan berangkat setelah bus pengumpan sebelumnya telah tiba kembali di rusun. Perkecualian hanya terjadi jika bus pengumpan yang menunggu sudah dipenuhi penumpang.

AYO BACA : Tiap Bulan Transjakarta Akan Tambah 5 Rute Baru

Jumlah bus pengumpan di area rusun ini mengalami pengurangan sejak 2017, setelah sebelumnya terdapat tiga bus. Tetapi warga mengaku bisa memakluminya.

"Katanya sih karena bus-bus itu dipakai untuk beroperasi di jalur lain. Gak pa-pa sih berkurang, asal jangan dihilangkan sama sekali," kata Romlah, pengguna bus pengumpan.

Bus-bus berukuran sedang ini melayani penumpang setiap hari sejak pukul 05.00 WIB, dan mengakhiri layanannya pada pukul 22.00 WIB.

Meski telah digratiskan, namun para penghuni rusun tetap harus membeli karcis seharga Rp3.500 jika mereka naik bus Transjakarta dari tempat-tempat pengumpan lain yang tidak menggunakan halte.

AYO BACA : Nasib Para Pencari Suaka Masih Terkatung-katung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar