Anies Berbagi Kisah Usai Bertemu Frederico Gutierrez di Kolombia

  Kamis, 11 Juli 2019   Hendy Dinata
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Wali Kota Medellin, Federico Gutiérrez. (istimewa)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, beserta sejumlah jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diketahui sedang menghadiri World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 di Plaza Mayor Medellín Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia pada 10-12 Juli 2019.

Kehadiran Anies ini memenuhi undangan Wali Kota Medellin, Federico Gutiérrez, untuk mengikuti forum tersebut.

AYO BACA : Anies Baswedan Minta The Jak Jadi Suporter Teladan

Lewat akun resmi Instagramnya Anies berbagi pengalamanya usai mendapat cerita dari Wali Kota Medellin Frederico Gutierrez yang mentransformasi kota tersebut dari tingkat pembunuhan tertinggi di dunia menjadi kota yang aman.

"Dalam pertemuan ini, Wali Kota Gutierrez berbagi kisah tentang transformasi Medellin dari kota dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia dengan berbagai masalah sosialnya, menjadi kota yang aman, menggeliat secara ekonomi dan hidup dengan kegiatan budaya. Perubahan sosial Medellin itu dimulai dengan perluasan cakupan serta integrasi transportasi publiknya, sehingga rakyat Medellin saling terhubung," ujar Anies, Kamis (11/7/2019) sore.

AYO BACA : Anies Kunjungi Korban Kebakaran Cipinang

Anies menjabarkan bahwa Kota Medellin terletak di dataran tinggi di Kolombia dengan salah satu komoditas utamanya adalah bunga. Dalam pertemuan ini, Anies mengatakan bahwa Gutierrez berkeinginan bertukar pengalaman mengenai tata kota Jakarta.

"Wali Kota Gutierrez juga menyatakan keinginan belajar dan bertukar pengalaman dengan Jakarta, serta menjajaki berbagai kesempatan kerja sama ke depan, utamanya di bidang integrasi transportasi, mobilitas kota, dan pertukaran budaya," ujar Anies.

Di akhir pertemuan, Anies memberikan selembar kain batik Betawi kepada Gutierrez. Setelah diberikan batik, Anies diceritakan Gutierrez mengenai sosok ibunya yang merupakan peneliti batik.

⁣"Sesudah pertemuan usai, kami sampaikan simbol persahabatan dari warga Jakarta kepada Wali Kota Gutierrez, yaitu selembar kain batik Betawi. Tak disangka, Wali Kota Gutierrez menyampaikan bahwa kenang-kenangan yang kita berikan ini sangatlah emosional baginya. Ia bercerita, ibunya adalah peneliti batik dan mengajar tentang batik. Ia sering melihat ibunya membatik, dan beberapa tahun lalu ibunya telah tiada," sebutnya.

AYO BACA : Anies Baswedan Lantik 15 Pejabat Hasil Lelang Jabatan

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar