Yamaha

Tinggalkan Jakarta Lebih dari Sepekan, Kemendagri Pastikan Anies Sudah Kantongi Izin

  Jumat, 12 Juli 2019   Hendy Dinata
Anies Baswedan (instagram)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta diketahui telah mengantongi izin dari Mendagri, Tjahjo Kumolo. Dalam rangka kunjungan ke Amerika Serikat (AS) usai dari Kolombia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Anies sedang menghadiri World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 di Plaza Mayor MedellĂ­n Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia pada 10-12 Juli 2019.

Selanjutnya, Anies dijadwalkan akan berangkat ke Washington DC, Amerika Serikat, untuk memenuhi undangan menjadi pembicara dalam forum pertemuan USINDO Luncheon, Senin (15/7/2019).

"Iya (sudah mengizinkan)," ujar Plt Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik saat dimintai konfirmasi, Kamis (11/7/2019).

Akmal mengatakan, Anies langsung mengajukan permohonan izin ke Kolombia dan AS dari tanggal 7 sampai 17 Juli 2019. Di AS, Anies akan menghadiri acara United States-Indonesia Society (USINDO) di Washington DC pada tanggal 13 sampai 17 Juli 2019.

"Jadi 1 surat saja, kita hemat kertas," kata Akmal.

Rekomendasi permohonan izin ke luar negeri Anies sudah dilaporkan Tjahjo kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) per tanggal 14 Juni 2019. Surat tersebut juga ditebuskan kepada Mensesneg Pratikno dan Menlu Retno Marsudi.

Sebelum bertolak ke AS, Anies berada di Kolombia pada tanggal 7 sampai 12 Juli 2019 untuk menghadiri World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF). Pada kunjungannya di Kolombia, Anies mengatakan tujuan kedatangannya ke forum itu agar bisa bertukar pikiran dan berbagi pengalaman dengan pimpinan kota yang hadir di sana. Dia berharap, dari pertemuan itu, nantinya akan ada solusi baru dalam penataan Kota Jakarta.

Dalam kesempatan terpisah, Tjahjo memastikan tak ada masalah dari kegiatan Anies di Benua Amerika. Tjahjo menilai Anies sudah mengerti terkait skala prioritas dalam mengelola pemerintahan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar