Yamaha

Anies Baswedan: Kota adalah manusianya, bukan sekedar gedung-gedungnya

  Jumat, 12 Juli 2019   Hendy Dinata
Anies Baswedan bersama Walikota Medellin Freduco Gutierez, dan Dewan Kota Lima Andrea Paola Cuba Plaza (instagram)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta diketahui sedang menghadiri World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 di Plaza Mayor MedellĂ­n Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia.

Anies diundang oleh Walikota Medellin, Kolombia, sebagai pembicara dalam forum yang dimoderatori oleh Manuel Olivera, selaku Regional Director for Latin America, C40 itu.

AYO BACA : Anies Berbagi Kisah Usai Bertemu Frederico Gutierrez di Kolombia

Dalam unggahan di Instagram resminya, Anies mengatakan, "kota adalah manusianya, bukan sekedar gedung-gedungnya. Itulah semangat yang disampaikan oleh semua pembicara dalam forum pendahulu yang diadakan oleh C40 (Cities Climate Leadership) sebelum World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) resmi dimulai," Jumat (12/7/2019) siang.

Anies juga menambahkan bahwa dalam forum itu, Federico Gutierrez Zuluaga, selaku Walikota Medellin, Kolombia, dan anggota dewan kota Lima, Peru, Andrea Paola Cuba Plaza, berbagi tentang tantangan kota dan praktik baik yang dilakukan pemerintah kotanya dalam mendorong gerakan mobilitas kota rendah emisi karbon.

AYO BACA : Usai Kolombia, Anies Akan Singgah Ke Amerika Serikat

"Demikian pula Jakarta. Alhamdullilah, kita bisa melaporkan pada para pemimpin kota dunia, bahwa warga jakarta semakin banyak yang mengendarai angkutan publik," ungkap Anies.

Jumlah penumpang TransJakarta meningkat hampir dua kali lipat dalam waktu kurang dari tiga tahun terakhir. Bahkan menurut sebuah survei, tingkat kemacetan di Kota Jakarta mengalami penurunan yang signifikan jika dibandingkan dengan empat ratus kota lainnya di dunia, yang sebagian besar malah mengalami kenaikan.

Anies juga menyampaikan kepada para wakil kota-kota dunia yang hadir, bahwa warga Jakarta optimis dan ikut terlibat membangun wajah baru Jakarta.

"Perubahan kota hanya akan terjadi dan bertahan dengan inisiatif, dukungan, dan gerakan warganya," kata Anies.

Anies juga menginginkan Jakarta menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di dunia.

AYO BACA : Tinggalkan Jakarta Lebih dari Sepekan, Kemendagri Pastikan Anies Sudah Kantongi Izin

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar