Yamaha

Bisnis Online Pukul Pedagang Alat Olah Raga Manggarai

  Rabu, 17 Juli 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi

JAKARTA SELATAN, AYOJAKARTA.COM--Sejumlah pedagang alat olahraga bekas di Jalan Sultan Agung, Manggarai, mengaku terpukul oleh bisnis dalam jaringan (daring).

Para pedagang di sana menjual berbagai alat olahraga seperti tongkat golf, raket bulutangkis, raket tenis, treadmill, dan sepatu sepak bola. Kini mereka mengeluh bisnisnya sedang lesu akibat maraknya perdagangan di dunia maya.

"Ada saja sih yang beli. Tapi dibanding sebelum ada situs-situs jual beli di internet, sekarang mah menurun jauh," kata Andi, salah seorang penjual berbagai jenis raket saat ditemui di kiosnya pada Rabu (17/7/2019).

AYO BACA : Parkir Motor Pasar Benhil Akan Segera Dibenahi

Meski demikian, Andi mengaku bahwa ia kerap membeli barang dagangan di situs-situs jual-beli, untuk kemudian barang tersebut dijual kembali di kiosnya.

Keluhan serupa disuarakan oleh Aditya, yang menjual berbagai macam sepatu olahraga bekas.

"Tiga-empat tahun lalu masih gampang dapat cuan, tapi sejak orang-orang makin gampang beli sepatu bola di internet, makin sulit dapat seratus ribu sehari," tutur Adhitya yang telah berdagang di sana selama lebih dari sepuluh tahun.

AYO BACA : Belanja Murah di Perkulakan Jakgrosir

Meski mengaku penjualannya sekarang menurun, namun tetap saja mereka memiliki beberapa langganan. Para langganan ini kerap membeli peralatan olahraga bekas dari mereka baik untuk dipakai sendiri, maupun untuk dijual kembali.

"Harga di sini kan miring. Namanya juga barang second. Ini aja (raket merek) Head harganya cuma Rp400 ribu," kata Gunawan, salah satu calon pembeli sambil melihat-lihat raket tenis yang dipajang.

Untuk mengatasi situasi sulit tersebut, sebagian pedagang menyatakan mereka juga kerap menawarkan barang dagangannya di situs-situs jual-beli.

"Terkadang pasang iklan juga sih di lapak-lapak internet atau di Facebook. Cuma ribetnya, saya harus masukin ongkos kirim ke harga total," tutur Andi.

AYO BACA : Pedagang Pasar Rumput Bingung dengan Status Tempat Penampungan Sementara

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar