Yamaha

Pembongkaran Seni Bambu Getah Getih Dikritik, Begini Tanggapan Anies

  Jumat, 19 Juli 2019   Hendy Dinata
Warga melintas dilokasi Patung instalasi bambu Getih Getah yang telah dibongkar di kawasan bundaran HI, Jakarta. Instalasi bambu senilai Rp550juta yang dibuat untuk memeriahkan Asian Games 2018 tersebut telah dibongkar karena kondisi yang mulai rapuh dimakan usia. (ANTARA)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Pembongkaran instalasi seni bambu 'getah getih' mendapat kritik dari berbagai pihak, menanggapi hal itu, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta memberikan tanggapannya.

Anies memberikan tanggapan terkait hal tersebut saat ditemui para awak media di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019).

\"Kan perginya ke petani bambu, uangnya untuk rakyat kecil. Kalau saya pilih besi, maka itu impor dari Tiongkok mungkin besinya,\" ujar Anies.

AYO BACA : Jadi Tuan Rumah Formula E 2020, Ini Pesan Anies untuk Warga Jakarta

Anies juga mengatakan, bahwa anggaran seni bambu 'getah getih' sebesar 550 juta itu petani dan perajin bambu yang menerima.

\"550 juta itu siapa yang menerima?, petani bambu, perajin bambu,\" ungkap Anies menambahkan.

Anies menuturkan proyeksi awal instalasi bambu tersebut memang hanya enam bulan. Dia menyebut instalasi dibuat hanya untuk menyambut Asian Games.

AYO BACA : Anies Baswedan: Kota adalah manusianya, bukan sekedar gedung-gedungnya

\"Proyeksinya 6 bulan, memang bambu ada masa hidupnya. Alhamdulillah sekarang bisa 11 bulan. Semua yang kita pasang kemarin dalam rangka Asian Games,\" jelas Anies.

Anies mengatakan, jika bahan material besi yang digunakan, itu justru tidak memberdayakan warga. Dia menyebut sebagian besar uang mengalir ke petani.

\"Kalau yang lain menggunakan besi belum tentu produksi itu produksi dalam negeri. Tapi kalau bambu, hampir saya pastikan tidak ada bambu impor. Bambunya produksi Jawa Barat, dikerjakannya oleh petani oleh perajin lokal. Jadi angka yang kemarin kita keluarkan diterimanya oleh rakyat kebanyakan,\" sebut Anies.

Anies memastikan akan ada pameran kesenian lokal, tapi untuk tempat tidak harus di lokasi bekas bambu Getah Getih. Dia mengatakan isu mengenai bambu Getah Getih hanya ramai di media sosial.

\"Menurut saya, ini terlalu socmed. Sesuatu yang ramai di socmed aja. Ini kan sesuatu yang kita lakukan untuk menyambut Asian Games. Sudah selesai Asian Games-nya,\" tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pembongkaran instalasi seni bambu 'getah getih'dilakukan karena dianggap sudah mulai keropos dan membahayakan warga yang melintas di sekitarnya.

AYO BACA : Ada Agenda Tambahan, Anies Akan Tiba Esok Hari di Ibu Kota

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar