Potong Hewan Kurban, Pemprov DKI Gandeng Dharma Jaya

  Senin, 29 Juli 2019   Rizma Riyandi
Penjual hewan kurban memberi makan sapi dagangannya di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Pemprov DKI Jakarta mengimbau masyarakat agar membeli hewan kurban yang memiliki surat sehat yang dikeluarkan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ama.

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan menggandeng Perusahaan Daerah Dharma Jaya untuk pemotongan hewan kurban menjelang Idul Adha sesuai Instruksi Gubernur DKI Nomor 46 tahun 2019.

"Kalau yang tidak bisa melakukan pemotongan di tempat, belum memenuhi persyaratan, bisa melakukan pemotongan di Dharma Jaya," kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni di Jakarta, Senin (29/7/2019).

Menurut dia, pemotongan hewan kurban yang diarahkan ke Dharma Jaya itu khusus bagi instansi yang memotong hewan kurban dalam jumlah besar.

Nantinya, instansi yang menggunakan jasa BUMD DKI Jakarta tersebut tinggal menerima daging yang sudah dikemas rapi.

AYO BACA : 800 Petugas Dikerahkan untuk Mengecek Hewan Kurban di Jakarta

"Kalau jumlahnya besar, mau terima bersih, biasanya kami koordinasikan ke Dharma Jaya. Nanti diberikan ke masjid sudah dalam bentuk paket," katanya.

Dharma Jaya, lanjut dia, memiliki dua rumah pemotongan hewan (RPH) yakni di Cakung dan Pulogadung yang bisa dimanfaatkan untuk pemotongan hewan kurban.

Dalam proses pemotongan hewan kurban, kata dia, harus memperhatikan syariat Islam dan kesehatan hewan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Instruksi Gubernur Nomor 46 tahun 2019 terkait Pengendalian Penampungan dan Pemotongan Hewan dalam rangka Idul Adha 2019.

AYO BACA : IPB Bantu Pemeriksaan Hewan Kurban di Depok

Dalam instruksi itu, Gubernur Anies memerintahkan Kepala Dinas KPKP melaksanakan supervisi dan koordinasi pengawasan pemeriksaan kesehatan hewan di tempat penampungan sementara hewan kurban dan pemeriksaan kesehatan daging kurban.

Selain itu, melaksanakan sosialisasi tata cara memilih dan memotong hewan kurban sesuai syariat Islam dan kesejahteraan hewan.

Anies juga memerintahkan Kepala Dinas KPKP mengoordinasikan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum disembelih dan setelah disembelih di luar
Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Selain itu berkoordinasi dengan PD Dharma Jaya dalam menyiapkan lokasi RPH Cakung dan RPH Pulogadung untuk kegiatan penampungan, penjualan
dan pemotongan hewan kurban.

Terakhir, Anies Baswedan memerintahkan Kepala Dinas KPKP berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan tentang teknis pelaksanaan pemotongan hewan kurban di sekolah-sekolah.

AYO BACA : Dermawan Mindset, Habit, dan Effect: Membentuk Logika Filantropi dalam Berkurban

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar