Yamaha

Plogging Cara Baru Olahraga Sambil Memungut Sampah

  Senin, 26 Agustus 2019   Istihanah Soejoethi
Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Danone-AQUA bersama relawan, karyawan, dan berbagai komunitas berkumpul di area car free day untuk mempromosikan plogging di acara Clean-Up Jakarta Day (CUJD) 2019. Mereka mengumpulkan botol plastik bekas, yang kemudian akan dibawa ke unit bisnis daur ulang atau Recycling Business Unit (RBU) Danone-AQUA di Tangerang Selatan untuk didaur ulang.

Plogging, aktivitas yang mengombinasikan jogging dan pengumpulan sampah, dipopulerkan di Swedia pada tahun 2016. Aktivitas yang mendorong orang untuk tetap sehat sambil menjaga lingkungan ini, telah menyebar ke seluruh dunia tetapi belum begitu populer di Indonesia. Sebagai merek asli Indonesia, Danone-AQUA ingin mengadopsi dan mempopulerkan aktivitas ini karena dinilai sesuai dengan tren gaya hidup sehat yang tengah populer di berbagai lapisan masyarakat.

“Sebagai pelopor hidrasi sehat di Indonesia, Danone-AQUA percaya bahwa kesehatan fisik seseorang datang dari hidrasi dan lingkungan yang sehat. Oleh karena itu, Danone-AQUA secara konsisten mencari cara untuk mempromosikan hidrasi sehat dan mendorong publik untuk ambil bagian dalam upaya menjaga lingkungan,” ujar Senior Sustainable Packaging Manager Danone-AQUA Ratih Anggraeni. 

"Kami lihat saat ini orang Indonesia sangat peduli terhadap kesehatan. Semakin banyak orang pergi ke gym, jogging, lari pagi atau sore, dan mengikuti berbagai kegiatan olahraga. Sekarang kami ingin menginspirasi mereka untuk berolahraga sambil menjaga lingkungan melalui plogging. Kami percaya car free day yang sangat diminati banyak orang adalah salah satu kesempatan yang paling cocok untuk mempromosikan kegiatan ini," lanjutnya

Selama aktivitas berlangsung, relawan Danone-AQUA menyebar dan mengumpulkan botol plastik bekas dengan alat bersih-bersih mereka, kemudian mengumpulkannya di truk sampah yang telah disediakan oleh RBU Danone-AQUA. Selain itu, Danone-AQUA juga menyediakan 16 dropbox untuk publik yang ingin mengumpulkan botol plastik bekas mereka dan 16 hydration stations untuk memastikan kebutuhan hidrasi para relawan terpenuhi sepanjang melakukan plogging.

Pelaksana Tugas Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yusiono A. Supalal mengapresiasi upaya Danone-AQUA untuk mempromosikan aktivitas plogging yang tidak hanya mendorong masyarakat untuk hidup sehat, tetapi juga untuk menjaga lingkungan. 

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan berbagai proyek dan menerbitkan berbagai peraturan untuk memastikan kebersihan Jakarta. Namun kita tidak bisa serta-merta mengandalkan pemerintah. Sebagai individual, kita juga memiliki tanggung jawab untuk berbenah mulai dari diri sendiri, komunitas, lalu melalui acara-acara besar, seperti acara hari ini, untuk memberikan dampak yang lebih besar,” ujar Yusiono dalam pidatonya.

Brand Partner Danone-AQUA Kelly Tandiono, yang secara aktif mengampanyekan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab melalui kebiasaan reduce-reuse-recycle (3R) melalui gerakan #BijakBerplastik, juga mempromosikan dan berpartisipasi dalam kegiatan plogging.

“Saya merasa terhormat bisa menjadi bagian dari perjalanan keberlanjutan Danone-AQUA, terutama dalam mempromosikan hidup sehat dan mendorong kebiasaan 3R melalui gerakan #BijakBerplastik. Sebagai konsumen, saya rasa penting untuk mendukung perusahaan yang berperan aktif dan kolaboratif dalam menyelesaikan masalah sampah plastik,” ujar Kelly. 

"Selain itu saya juga sangat antusias membantu Danone-AQUA mempromosikan plogging sebagai tren baru di Indonesia. Plogging merupakan olahraga yang menuntut kita untuk menambah gerakan saat kita berlari atau berjalan, mulai dari membungkuk, berjongkok, sampai meregangkan badan. Kegiatan ini merupakan cara yang cocok dan efektif untuk menjaga kesehatan fisik dan lingkungan," lanjut Kelly

Aktivitas plogging yang dilakukan Danone-AQUA di Clean-Up Jakarta Day 2019 merupakan kelanjutan gerakan #BijakBerplastik dan ajakan kepada lebih banyak orang untuk bergabung dengan gerakan tersebut. Pada tahun 2018, Danone-AQUA meluncurkan gerakan tersebut untuk mengumpulkan lebih banyak botol plastik daripada yang digunakannya pada tahun 2025.

Saat ini, Danone-AQUA memiliki enam RBU yang tersebar di Pulau Jawa, Bali dan Lombok. Setiap tahunnya, keenam RBU ini berhasil mengumpulkan rata-rata 12.000 ton sampah botol plastik. Gerakan #BijakBerplastik bertujuan untuk menyebarkan informasi mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang bertanggung jawab melalui kegiatan pengumpulan sampah, edukasi tentang pentingnya 3R, dan inovasi kemasan.

Sesuai dengan komitmen perusahaan untuk terus berinovasi, Danone-AQUA telah meluncurkan AQUA LIFE, botol yang 100% terbuat dari plastik daur ulang dan 100% dapat didaur ulang. Botol ini diluncurkan di Bali tahun lalu dan di Jakarta baru-baru ini. AQUA LIFE merupakan kemasan botol plastik pertama di Indonesia yang membuktikan bahwa plastik bekas dapat diolah menjadi sesuatu yang berguna dan menjadi bagian dari ekonomi sirkuler.

Danone-AQUA selalu menjadi pelopor praktik bisnis yang berkelanjutan melalui program daur ulang pertamanya, “AQUA Peduli”, yang dimulai pada tahun 1993, dan inovasi kemasan sirkuler melalui produk AQUA Galon yang diluncurkan pada tahun 1983. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar