Yamaha

Isu Pemindahan Ibu Kota Jadi Humor bagi Netizen

  Rabu, 28 Agustus 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Setelah Presiden Jokowi mengumumkan keputusannya memindahkan Ibu Kota RI ke Kalimantan Timur, emosi netizen langsung didominasi oleh percakapan anak muda berusia 18-25 tahun.

Menurut Rustika, pada 26-27 Agustus 2019, ada sebanyak 59.848 percakapan dari 20.970 akun manusia (93,3 persen). Sebanyak 44,4 persen di antaranya didomiansi milenial usia 18-25 tahun.

"Mereka merespons pengumuman Presiden Jokowi dengan dengan ucapan 'selamat', 'akhirnya', 'harapan', serta mengutarakan beberapa 'kecemasan'," ungkap Rustika, Rabu (28/8/2019).

Sebanyak 36,8 persen netizen yang merespons isu tersebut berusia 26-35 tahun. Sebanyak 60,2 persen laki-laki dan 39,8 persen perempuan.

Pascapengumuman, emosi netizen didominasi oleh Anticipation, Trust, dan Joy. Percakapan yang sifatnya humor dan menghibur menjadi salah satu perhatian netizen, hingga mencapai 15 persen.

Selain itu, para netizen berharap agar pemindahan ibu kota tidak merusak hutan dan ekosistem.

Selain itu, juga berisi ajakan untuk mengawal, dan beberapa menunjukkan argumentasinya apabila dipindahkan ke Kaltim, termasuk juga ajakan bahwa PNS tidak boleh menolak.

Sementara itu, masih terdapat sebanyak 24 persen percakapan netizen yang memberikan kritikan dan beberapa penolakan masih dimunculkan lebih karena kekhawatiran bahwa pemindahan ini hanya akan menguntungkan pihak-pihak tertentu.

Emosi Trust merupakan bentuk dukungan atas keputusan pemindahan ibu kota tersebut, setelah akhirnya Jokowi mengumumkan wilayahnya.

"Isu negatif masih belum terlihat gregetnya. Mungkin karena strategi komunikasi yang digunakan Jokowi kemarin langsung menyasar ke pertanyaan yang selama ini ditujukan pada Jokowi, yakni soal lokasi, anggaran, urgensi," demikian Rustika Herlambang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar