Pemprov: Instalasi Panel Surya Sudah Terpasang di 100 Sekolah

  Rabu, 11 September 2019   Aldi Gultom
Panel surya di SDN 01/05 Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan/Youtube Pemprov DKI Jakarta

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Kabar baik. Pemprov DKI Jakarta tampak serius dalam upaya mengendalikan kualitas udara Jakarta yang memburuk akhir-akhir ini.

Informasi dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta menyebut sekitar 100 sekolah di DKI Jakarta telah memasang panel surya.

Salah satunya di SDN 01/05 Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

Lewat video yang diproduksi Humas Pemprov DKI Jakarta, dijelaskan bahwa pemasangan instalasi ini merupakan implementasi Ingub 66/2019 tentang pengendalian kualitas udara, yaitu menghadirkan energi listrik yang ramah lingkungan.

Targetnya, seluruh kantor dan gedung sekolah di DKI Jakarta terpasang panel surya pada tahun 2022 mendatang. 

"Harapan kami, dengan pengembangan energi terbarukan ke depan, bahkan mungkin di semua sekolah, kami kembangkan pula menjadi pembelajaran khsusus bagi peserta didik sehingga memperoleh tambahan nyata tentang energi terbarukan," kata Kepala Sekolah SDN 01/05 Pondok Labu, Dedi Suryadi.

Pemerintah DKI Jakarta telah merespons permasalahan polusi udara dengan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) 66/2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara Jakarta. Ingub itu ditujukan kepada seluruh dinas yang ada di Provinsi DKI Jakarta untuk menanam tanaman berdaya serap polutan tinggi pada sarana dan prasarana publik. 

Khusus untuk Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, diinstruksikan menyediakan tanaman yang menyerap polusi di seluruh gedung sekolah, fasilitas olahraga/kepemudaan dan fasilitas kesehatan milik Pemda. 

Sementara Dinas Lingkungan Hidup diminta untuk merintis dan menyusun konsep dan mekanisme pengimbangan emisi melalui penanaman pohon. Selain itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI diminta untuk mempercepat penerbitan revisi Peraturan Gubernur tentang bangunan hijau yang memuat ketentuan insentif dan diinsentif.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar