Yamaha

Video Sandiaga Uno Kibarkan Bendera Setengah Tiang Dihujani Pro-Kontra

  Kamis, 12 September 2019   Rizki Amana

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menunjukkan duka citanya atas kepergian Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie.

Setelah menyambangi rumah duka mendiang Bapak Teknologi Penerbangan itu, Sandi memposting video saat dirinya menaikkan bendera Merah Putih setengah tiang di rumahnya, via akun Twitter dan Instagram pribadi. 

Dalam video berdurasi satu menit, sosok Sandi yang khas dengan kemeja biru menaikkan bendera setengah tiang diiringi lagu perjuangan "Gugur Bunga di Taman Bakti" yang syahdu.

"Saya juga ingin mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk turut serta mengibarkan bendera setengah tiang untuk mengenakan jasa-jasa yang telah Almarhum berikan untuk bangsa," tulis Sandi dikutip dari @sandiuno, Jakarta, Rabu malam (11/9/2019).

Namun, aksi Sandi mengibarkan bendera pada malam hari itu dihujani komentar pro dan kontra oleh para followersnya di Twitter dan Instagram.

"Pak, tidak disarankan mengibarkan bendera pada malam hari," komentar @notodinson.

Terdapat pula komentar netizen yang mendukung Sandi dalam video yang diposting pada pukul 23.18 WIB tersebut.

"Siap Pak Sandi, kami warga Pontianak juga mengibarkan bendera setengah tiang," tulis akun @Effiyadi2 di Twitter.

Lalu ada akun @coachabi di Instagram Sandi, yang berkomentar. "Sorry bang, dalam hal cara pengibaran setengah tiang salah. Harusnya naik dulu sampai puncak baru turunkan setengah tiang, Liat undang2 ttg bendera". 

Di Instagram @sandiuno, sampai saat ini video itu telah menuai 2.087 komentar netizen.

Untuk menghormati almarhum BJ Habibie yang wafat pukul 18.05 WIB (Rabu, 11/9/2019) di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat, Pemerintah Indonesia menetapkan Hari Berkabung Nasional selama 3 hari ke depan (12-14 September). 

Sesuai pasal 12 ayat 4,5 dan 6 UU 24/29 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengeluarkan surat perintah pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang untuk seluruh gedung instansi pemerintahan di dalam negeri maupun perwakilan di luar negeri. 

Seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota juga diinstruksikan untuk menyampaikan kepada masyarakat luas untuk mengibarkan bendera setengah tiang di rumah masing-masing. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar