Yamaha

Wali Kota Jaksel: Kami Ajak Dialog Pemuda, Senior dan Orang Tua di Kawasan Manggarai

  Senin, 16 September 2019   Rizki Amana
Ilustrasi/Antara

JAKARTA SELATAN, AYOJAKARTA.COM - Kawasan Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan, sudah terlanjur dicap sebagai kawasan langganan tawuaran antarwarga. 

Yang terbesar pada Rabu lalu (4/9/2019), ketika dua kelompok warga saling serang menggunakan petasan dan batu di badan perlintasan Stasiun Manggarai sampai mengganggu operasional Kereta Rel Listrik (KRL).

Pemkot Jaksel harus bekerja ekstra dalam pencegahan maupun penanganan tawuran warga. Wali Kota Jaksel, Marullah Matali, mengklaim melakukan penanganan serius berupa pembukaan pos pengamanan. 

"Kita sudah koordinasi di tiga kecamatan. Kecamatan Tebet, Setiabudi dan Menteng (Jakarta Pusat). Kita minta mereka membuat semacam posko. Kemudian yang kedua, kita minta juga polisi untuk bisa menangani dengan baik," ucap Marullah saat berada di kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu sore (15/9/2019). 

Marullah mengungkapkan, gesekan sosial tak hanya terjadi begitu saja. Pihaknya telah mengidentifikasi isu-isu yang sering memicu konflik. 

"Ada beberapa isu yang terkait. Saya sudah sampaikan kepada Kapolres (Jaksel) untuk bisa menyelidikinya. Dinamis soalnya," terang Marullah.

"Banyak isu yang ada di situ. Ada orang yang misalnya pengangguran, kemudian ada beberapa isu tentang narkoba," tambah Marullah.

Tak mau hal yang sama terus terulang, Marullah mengaku terus melakukan pembinaan maupun pendekatan kepada warga di titik-titik rawan tawuran. Bahkan merangkul warga untuk bersama-bersama menjaga lingkungan serta menangani permasalahan tersebut.

"Bersama-bersama kita tangani. Kalau kami terus menerus dengan pemuda-pemuda di sekitar situ mengajak mereka berdiskusi, dialog dan lain sebagainya. Kemudian kami ajak juga senior-seniornya, orang-orang tuanya, untuk bisa membimbing anak-anak di sekitar situ. Jangan lagi tawuran," tutup pria kelahiran 1965 ini.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar