Turis Indonesia ke Korea Selatan Bebas Visa Lho!

  Minggu, 22 September 2019   Editor
Foto: Dok Dar Edi Yoga

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Korea Selatan merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan dari Indonesia.

Hingga tahun 2016 lalu setidaknya tercatat 350.000 wisatawan dari Indonesia masuk ke Korea Selatan melalui beberapa kota seperti Seoul dan Busan.

Bagi warga negara Indonesia yang ingin berpergian ke Korea Selatan, Pemerintah Korea Selatan memberikan visa gratis seperti yang dirilis oleh Kedutaan Besar Republik Korea Selatan di Jakarta.

Pengajuan visa gratis ini dimulai dari tanggal 1 Oktober sampai 31 Desember 2019 mendatang. Adapun jenis visa Korea gratis hanya untuk kunjungan singkat (C-3) atau single entry dengan masa waktu 3 bulan sejak diterbitkan.

Hal ini dilakukan Pemerintah Republik Korea karena pada tanggal 25-26 November bertempat di Kota Busan akan diselenggarakan ASEAN Republic of Korea Commemorative Summit. Dan untuk menyukseskan acara tersebut, Pemerintah Repubik Korea memutuskan untuk memberikan bebas biaya visa kepada 10 negara anggota ASEAN, yakni Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar, termasuk Indonesia.

Meski dibebaskan membayar visa Korea sebesar 40 USD, namum tetap diwajibkan untuk membayar biaya administrasi di Korea Visa Application Center (KVAC) senilai Rp 196.000.

Untuk dokumen persyaratan membuat Visa Korea gratis, sama dengan ketika mengajukan visa korea  pada umumnya, berikut persyaratannya :

1. Paspor asli dan fotokopi paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi).

2. Mengisi Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto, foto ukuran 35 mm x 45 mm dengan latar belakang putih).

3. Kartu Keluarga.

4. Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja

5. Bila berstatus masih pelajar, maka lampirkan Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, dan bukti keuangan orang tua.

6. Apabila status ibu rumah tangga, maka silakan melampirkan bukti keuangan suami.

7. Fotokopi Bukti Keuangan (Rekening koran tiga bulan terakhir atau surat refensi bank)

8. Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI.

Setelah semua persyaratan lengkap, langkah selanjutnya adalah datang ke lokasi pengajuan permohonan visa ke lokasi pengajuan permohonan visa di Korea Visa Application Center, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Lantai 5.

Masa proses pengajuan hingga penerbitan visa gratis untuk single visa (C-3 dan lainnya) adalah enam hari (tidak termasuk tanggal pengajuan).

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar