Yamaha

Dunia Jurnalistik Indonesia Berduka, Wartawan Senior Aristides Katoppo Tutup Usia

  Minggu, 29 September 2019   Editor
Almarhum Aristides Katoppo/Sinarharapan.co

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Dunia jurnalistik berduka, wartawan senior dan salah satu pendiri Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Aristides Katoppo, meninggal dunia, Minggu siang (29/9/2019).

Almarhum Aritides dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 12.05 WIB. Informasi meninggalnya eks wartawan senior Sinar Harapan/Suara Pembaruan itu tersebar melalui pesan WhatsApp.

AJI Jakarta, melalui akun Twitter juga mengkonfirmasi meninggalnya Aristides.

"Turut berduka cita atas meninggalnya Aristides Katoppo, jurnalis dan salah satu pendiri AJI. Semangatmu untuk berani memberitakan kebenaran akan selalu menjadi semangat AJI," tulis AJI Jakarta.

Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ilham Bintang juga menyampaikan kabar duka meninggalnya Aristides ke jajaran Pengurus PWI Pusat.

Aristides Katoppo menjadi wartawan pada 1957 dan merupakan salah satu tokoh media Sinar Harapan, yang sempat dilarang beredar pada 1986. Dia kemudian mendirikan Suara Pembaruan dan bersama dengan Presiden RI ketiga Abdurahman Wahid mendirikan Forum Demokrasi.

Pria kelahiran Tomohon, Sulawesi Utara pada 14 Maret 1938 itu meninggalkan kesan mendalam terhadap beberapa koleganya.


 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar