Yamaha

Wartawati yang Tertembak di Hong Kong Alami Kebutaan di Mata Kanan

  Rabu, 02 Oktober 2019   Aprilia Rahapit
Tweet Jerome Taylor/Twitter

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Wartawati asal Indonesia, Veby Mega Indah yang tertembak peluru karet saat meliput aksi demonstrasi di l Wan Chai, Hong Kong, Jumat (29/9/2019) lalu dikabarkan mengalami kebutaan pada mata kanannya. 

Kabar itu disampaikan akun twitter @jerometaylor yang diunggah Rabu (2/9/2019) pukul 19/00 WIB.

"Kabar buruk. Veby Indah, jurnalis yang terkena tembakan di wajahnya pada hari Minggu oleh peluru oleh seorang petugas kepolisian Hong Kong, secara permanen buta pada mata kanannya," tulisnya. 

AYO BACA : KJRI Minta Hong Kong Selidiki Lebih Jauh Penembakan Wartawati Indonesia

Dalam kicauannya, Jerome mengunggah foto capture percakapan pengacara Veby bernama Michael Vidler yang membenarkan kabar tersebut.

"Dokter yang merawat ibu Veby hari ini dengan menyesal telah memberitahunya bahwa luka yang dialaminya akibat tertembak oleh polisi akan membuat ia buta di mata kanannya secara permamen, Ia diberi tahu bahwa puipil matanya robek akibat tekanan dari tembakan tersebut berapa persen kepastian tingkat kebutaan hanya bisa dinilai setelah operasi," tulis dalam foto capture tersebut.

Menurutnya, keluarga Veby sudah berada di Hong Kong dan menemani Veby.

AYO BACA : Jurnalis Indonesia Tertembak Saat Meliput Demonstrasi Hong Kong

"Kami juga dapat mengkonfirmasi bahwa kami telah menerim bukti dari pihak ketiga yang mengindikasikan bahwa proyektil yang menyebabkan kebutaan ibu Veby merupakan peluru karet dan bukan seperti dugaan sebelumnya," sambungnya.

Hingga kabar ini diturunkan, pihak Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) masih terus melakukan penelurusan lebih lanjut. 

"Kami sedang cross check ke Hong Kong ya. Segera update," ujar Direktur PWNI BHI Yudha Nugraha kepada para wartawan, Rabu (2/9) malam.

 

 

 

AYO BACA : Wartawati Indonesia yang Tertembak di Hong Kong dalam Kondisi Stabil

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar