Yamaha

Gramedia Ingin Menjangkau Seluruh Nusantara Lewat Festival Literasi

  Selasa, 08 Oktober 2019   Dhika Alam Noor
Gedung toko buku Gramedia di Matraman, Jakarta Timur/Kompasiana

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengolah dan memahami informasi, toko buku Gramedia menggencarkan sebuah festival bertajuk Literasi Nusantara. 

Public Relations Manager PT Gramedia Asri Media, Rezza Patria Wibowo, mengatakan, kegiatan itu merupakan wujud kolaborasi dengan banyak pihak. Tujuannya meningkatkan kecerdasan literasi masyarakat.

"Jadi, awalnya kami bekerja sama dengan Kemendikbud bersama taman baca. Pertamanya, kami memilih komunitas taman baca mana yang paling inspiratif di lingkungannya," ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Berdasar data Kemendikbud, lanjut Rezza, terdapat hampir 7.000 komunitas taman baca tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Inilah yang menggerakkan Gramedia menggiatkan budaya literasi di seluruh penjuru wilayah Indonesia berbentuk kegiatan berskala besar di sejumlah wilayah. 

"Kegiatannya kami keliling ke berbagai kota. Selain mengunjungi komunitasnya secara langsung dari Aceh hingga Papua sudah kami datangi. Cuma kegiatan yang berskala besarnya itu ada di tujuh kota. Kami mengadakan ini agar bisa menjangkau seluruh Nusantara melalui literasi," terangnya. 

Salah satu kegiatan yang sudah berjalan adalah festival literasi di Tomok, Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, pada 11-13 Juli 2019. Kegiatan itu mengusung enam dimensi literasi yakni tulis, numerasi, sains, digital, finansial, dan budaya/kewargaan yang dikemas secara menarik. 

Festival Literasi Nusantara Danau Toba adalah festival literasi ke-6 setelah sebelumnya diadakan di Surabaya, Yogyakarta, Lombok Utara, Banyumas dan Padang Panjang.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar