Yamaha

Ini yang Bikin Lurah Duri Selatan M Ghufri Kesengsem Komunitas Wild Rabbits

  Kamis, 10 Oktober 2019   Aprilia Rahapit
Lurah Duri Selatan, Muhammad Ghufri, sedang bersepeda listrik di dekat Sekretariat Komunitas Wild Rabbits, Jalan Duri Selatan 3 Gang II 7F, RT2/2 Kelurahan Duri Selatan, Tambora/Ayojakarta.com

JAKARTA BARAT, AYOJAKARTA.COM -- Baru sebulan ini, komunitas sepeda listrik (Electric Bike/E-Bike) Wild Rabbits, komunitas pelopor sepeda listrik terbesar di Indonesia, kedatangan anggota baru yang terbilang spesial. 

Kenapa cukup spesial? Dia menjabat Lurah di Duri Selatan, Kecamatan Tambora. Sekretariat Wild Rabbits sendiri berlokasi di Jalan Duri Selatan 3 Gang II 7F, RT2/2 Kelurahan Duri Selatan, Tambora. 

Namanya Muhammad Ghufri. Ketika Ayojakarta berkunjung ke sekretariat komunitas tersebut, Wild Rabbits menyebut markas itu Mako, pada Selasa lalu (8/10/2019), Wakil Ketua Wild Rabbits, Dipo Karton, memperkenalkan kami kepada Ghufri yang saat itu masih menggunakan seragam dinasnya. 

Kepada Ayojakarta, Ghufri mengaku bangga bisa bergabung dengan Wild Rabbits yang digagas warganya, Tjahyadi Kartono. Awalnya, Ghufri sempat beranggapan bahwa sepeda listrik sama seperti motor matic biasa. Namun persepsi itu seketika berubah ketika ia pertama kali menjajal sepeda listrik dengan rute panjang, dari Mako yang berada di Tambora ke Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat. 

"Pak Tjahyadi kan punya Corporate Social Responsibility (CSR), dia pemilik Yayasan Widuri di kelurahan Duri Selatan, saya mendekati semua masyarakat yang berkepentingan dengan kelurahan. Tiba-tiba saya ngomongin sepeda, diajakin," ucap Ghufri sambil tersenyum.

Seperti biasanya orang yang baru mengenal sepeda listrik, Ghufri sempat skeptis tentang manfaat sepeda listrik terutama pada bagian kegunaannya bagi kesehatan tubuh.

"Saya juga sempat, seperti kata teman-teman, kalau pakai mesin di mana letak olah raganya? Dicobain dulu, saya cobain langsung ke Depok UI, dari sini pulang pergi. Pas cobain, kok enak, akhirnya sampai sekarang keterusan," ungkapnya.

AYO BACA : Komunitas Wild Rabbits dan Cita-citanya Menyatukan Nusantara Dengan E-Bike

Ghufri mengaku salut dengan upaya Tjahyadi yang merakit puluhan sepeda listrik khusus untuk para anggotanya hanya menggunakan uang pribadinya. Bahkan Tjahyadi membuatkan sepeda listrik khusus untuk Ghufri.

"Saya baru melihat warga yang begitu, jadi orang berkomunitas tapi semuanya disiapin. Beda dari yang lain, biasanya komunitas apa-apa punya sendiri, sepeda sendiri," ucapnya kagum.

Tapi, bagi dia, bukan berarti Tjahyadi "memanjakan" anggotanya. Para anggota Wild Rabbits juga turut membantu perakitan komponen-komponen sepeda listrik sebelum melakukan perjalanan.

"Bukan Pak Tjahyadi memanjakan anggotanya. Seperti saya bilang, kalau besok kita ada event, pasti malamnya akan memasang baterainya kemudian menyiapkan bahannya," tuturnya.

Ghufri berharap Tjahyadi terus menambah jumlah sepeda listrik rakitannya yang kini sudah berjumlah 65 unit, sehingga keanggotaan Wild Rabbits terus membesar. Saat ini saja, Wild Rabbits sudah beranggotakan 450 orang.

"Harapan saya Wild Rabbits akan lebih besar lagi. Tentunya bukan hanya komunitas yang ada di Jakarta, tapi juga kita ke luar Jakarta, misalnya Bogor, Tangerang, Bekasi," kata Ghufri.

Mendengar harapan Gufri, Tjahyadi yang duduk di samping menyatakan kesanggupannya. Menambah sepeda listrik rakitan sendiri untuk memperbesar jumlah anggota komunitas memang sedang ia kerjakan.

"Ya, Insha Allah saya maunya begitu. Tambah (anggota) lagi. Ini saja lagi rakit sepeda listrik lagi," komentar Tjahyadi sambil terseyum lebar.

AYO BACA : Kenalan Yuk Sama Tjahyadi Kartono, Tokoh di Balik Wild Rabbits E-Bike

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar