Yamaha

Lurah Duri Selatan Punya Cara Khusus untuk Populerkan Sepeda Listrik

  Kamis, 10 Oktober 2019   Aprilia Rahapit
Lurah Duri Selatan, Muhammad Ghufri, sedang bersepeda listrik di dekat Sekretariat Komunitas Wild Rabbits, Jalan Duri Selatan 3 Gang II 7F, RT2/2 Kelurahan Duri Selatan, Tambora/Ayojakarta.com

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Menjadi anggota komunitas sepeda listrik (Electric Bike/E-Bike) Wild Rabbits belum cukup bagi Lurah Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat, Muhammad Ghufri. 

Karena manfaat positif yang didapatkannya dari aktivitas bersepeda listrik, Ghufri berkomitmen mengajak para staf dan jajarannya untuk menjadikan sepeda listrik alat transportasi ke tempat kerja. 

Apalagi, Ghufri mengatakan, kebijakan Pemprov DKI Jakarta menetapkan Jumat pekan pertama di tiap bulan adalah hari bersepeda ke tempat kerja bagi para karyawan di lingkungan Pemerintahan Daerah Jakarta. 

"Untuk itu, untuk karyawan kelurahan tentu saya instruksikan supaya semua punya sepeda. Kan tidak semua karyawan rumahnya dekat. Mungkin ada yang di Depok, di Bogor, solusi terbaik adalah E-Bike ini," ungkap Ghufri kepada Ayojakarta. 

Menurut Ghufri, E-Bike adalah alternatif paling pas bagi staf dan jajaran Kelurahan Duri Selatan yang sudah tidak muda dari segi usia. Dengan E-Bike, para pengguna tidak diharuskan terus menggowes karena ada mesin dinamo dan baterai.

Yang lebih penting, penggunaan E-Bike sangat mendukung upaya semua pihak mengurangi polusi udara Jakarta dan meminimalisir kemacetan.

"Ya namanya olahraga sepeda kan berat, tapi kita dituntut untuk mengurangi polusi dengan Pak Gubernur buat track sepeda. Kan enggak semua karyawan DKI usia muda, nah ini solusinya. Olahraga sambil bermesin," tuturnya.

E-Bike memang tidak murah. Tapi bila Anda ingin menjadi pengguna E-Bike dan menjadi anggota komunitas ini, penggagas Wild Rabbits, Tjahyadi Kartono, siap menyediakan E-Bike untuk para anggotanya yang setia. 

Sejauh ini Ghufri masih menggunakan E-Bike yang diberikan Tjahyadi. Dengan sepeda itu ia semakin mudah untuk berkumpul dengan anggota komunitas di Mako Wild Rabbits yang berada di Duri Selatan 3 Gang II 7F, RT2 RW2 Kelurahan Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat.

"Beda dari yang lain, biasanya komunitas apa-apa punya sendiri, sepeda sendiri, ini syukur masih ada yang modalin. Bukannya saya enggak mau beli, tapi sudah ada 65 unit (disediakan)," ungkap Gufri.

"Ya, kita harus coba dulu. Kalau mahal dan kita coba enak, ya tentunya enggak masalah soal duit kan, karena itu hobi. Seperti kata Pak Tjahyadi, enggak masalah karena memang sudah hobi dan saya merasakan enak. Kalau ada rejeki pingin beli, pasang sendiri," sambungnya.

Sebagai orang pemerintahan, sejauh ini Ghufri mendukung Wild Rabbits dengan bentuk promosi di berbagai event pemerintahan. Dia rajin memperkenalkan E-Bike sebagai alternatif transportasi yang tidak menguras tenaga, namun tetap ramah lingkungan. 

Dalam waktu dekat Ghufri juga akan mempromosikan Wild Rabbits dalam Launching Star Go-West Community pada Minggu (13/10/2019) di Kantor Walikota Jakarta Barat, yang rencananya akan dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

"Tentunya, setelah ada instruksi (memakai sepeda) dari gubernur itu, banyak komunitas di Jakarta Barat akan di-launching di Go-West. Jadi PNS harus pakai sepeda bekerja bike to work," katanya.

Hal ini juga Ia lakukan untuk mendorong penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan  seiring dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) 55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

"Kita harus memberikan contoh untuk mereka (pegawai Pemkot Jakbar), makanya saya akan pamerkan sepeda listrik pada tanggal 13 Oktober nanti. Kecamatan Tambora itu terdapat 11 kelurahan, paling banyak di Jakarta Barat," ujarnya.

Sampai saat ini, Wild Rabbits telah beranggotakan sekitar 450 orang dari seluruh Indonesia. Jarak tempuh dari pulau ke pulau juga telah dilalui. Kota-kota besar mulai dari Bandung, Lampung, Bengkulu, Bogor sudah dijajaki. Pada 27 Oktober, Wild Rabbits akan melakukan tur ke Prambanan, Yogyakarta. 

Selain menerima anggota baru yang sudah memiliki sepeda listrik, komunitas ini menyediakan sepeda listrik bagi Anda yang belum mempunyai. Tinggal datang ke Mako-nya dan menyelami dunia Wild Rabbits. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar