Yamaha

Manfaatkan Teknologi untuk Promosikan Sanggar di Jakarta

  Kamis, 17 Oktober 2019   Dhika Alam Noor
workhshop pembuatan audio visual/ayojakarta.com

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) bekerja sama dengan Forum Jurnalis Betawi (FJB) menggelar workhshop pembuatan audio visual untuk sanggar-sanggar kesenian di Jalan Antasari, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).

Ketua Umum LKB, Beky Mardani mengatakan kegiatan ini dimaksudkan agar sejumlah sanggar bisa mempromosikan dan mengembangkan peran dalam bidang seni dan peningkatan keterampilan. Dengan memanfaatkan teknologi informasi.

''Kita juga memberikan pelatihan kepada sejumlah sanggar. Bagaimana membuat video grafi melalui smartphone," ujar Beky Mardani.

Menurut Beky, upaya pemanfaatan teknologi menjadi pendekatan LKB untuk melestarikan, membina dan mengembangkan budaya betawi. 

''Ke depan mau tidak mau harus memanfaatkan teknologi atau sosial media untuk pelestarian dan pengembangaan," jelasnya. 

Selain itu, lanjut Beky, pihaknya juga melakukan pembinaan dengan konteksnya peningkatan dari tiap sanggar. Agar mereka bisa tampil di berbagai even dari lokal hingga internasional. 

"Dari sisi koreografi atau tata busananya. Karena tuntutannya akan semakin seperti itu," kata Beky 

LKB bersama para pelaku seni, praktisi budaya betawi akan membenahi berbagai macam tantangan. Sehingga budaya betawi tidak ditinggalkan masyarakatnya. 

Bahkan peran media menjadi penting dalam upaya pelestarian budaya Betawi. Karena senagai salah satu pilar demokrasi berfungsi menyebarkan informasi kepada masyarakat.

''Kita harapkan apa yang dilakukan oleh LBK ini supaya sampai kepada masyarakat,'' pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar