Yamaha

Aplikasi Betawi Akses untuk Permudah Dapatkan Informasi Budaya Betawi

  Kamis, 17 Oktober 2019   Dhika Alam Noor
Ketua Umum LKB Beky Mardani, memberikan keterangan usai workhshop pembuatan audio visual untuk sanggar-sanggar di Jalan Antasari, Jakarta Selatan/Ayojakarta.com

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pesatnya teknologi infomasi menjadi tantangan besar melestarikan kesenian tradisional. Untuk menjawab tantangan tersebut, Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) kini memiliki aplikasi Betawi Akses yang terhubung dengan situs LKB.

Ketua Umum LKB, Beky Mardani mengatakan upaya pelestarian, pembinaan, dan pengembangan seni dan budaya menyesesuaikan dengan era saat ini lewat pemanfaatan teknologi. 

''Sebetulnya program komunikasi kita, membuat ada aplikasi Betawi Akses,'' ujarnya usai menghadiri workhshop pembuatan audio visual untuk sanggar-sanggar di Jalan Antasari, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).

Pihaknya, kata Beky, juga fokus untuk memberikan porsi lebih kepada bidang komunikasi serta mendesain pola komunikasi LKB kepada publik khususnya kepada kawula muda. 

AYO BACA : Lembaga Kebudayaan Betawi Siapkan Sertifikasi Profesi Pelaku Seni

''Kita juga memberikan pelatihan kepada sejumlah sanggar. Membuat video grafi melalui smart phone,'' kata dia.

Melalui aplikasi ini, kata Beky, masyarakat akan mudah mendapat informasi mengenai budaya Betawi. Semua ditampilkan melalui teks di web, juga video. Serta terkoneksi dengan media sosial, Youtube, Instagram dan Facebook. 

Selain berguna untuk mengakses informasi, aplikasi ini bisa digunakan transaksi masyarakat untuk membeli kebutuhan masyarakat. Karena aplikasinya menggabungkan antara media dengan fintech. 

''Itu juga bisa menjadi media untuk para usahawan, pebisnis, perajin kebetawian memanfaatkan sarana promosi karena ada kanal 'warung.' Kanal itu berbagai transaksi bisa dilakukan dengan smaft phone bayar pulsa, BPJS, token listrik. itu sudah bisa,'' pungkasnya.

AYO BACA : Pelaku Seni Betawi Diharap Dapat Penghasilan Memadai

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar