Yamaha

Haru, Momen Satgas Pamtas RI-PNG Tolong Ibu Melahiran di Tengah Hutan

  Kamis, 24 Oktober 2019   Widya Victoria
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad membantu proses persalinan Deliana di Kampung Rawabiru, Merauke, Papua, Rabu (23/10/2019)/Puspen TNI

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Kejadian penuh haru terjadi di Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Merauke, Papua.

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad membantu persalinan seorang ibu di tengah hutan, yang berjarak sekitar 700 meter dari RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru. 

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya menjelaskan, kejadian bermula pada Rabu pagi (23/10/2019). Danpos Yakyu Letda Inf I Komang Adhi menerima laporan dari Nakti Mbanggu bahwa anak perempuannya, Deliana mengalami kontraksi saat mengambil kumbili di hutan. Deliana butuh segera pertolongan karena akan melahirkan.  

"Saat berkordinasi, Letda Inf Komang meminta supaya Deliana di evak ke Pos Yakyu. Namun, pihak keluarga menolaknya karena sesuai hukum adat saat persalinan harus berada di hutan selama satu minggu,” tambahnya di Merauke, Papua, Kamis (24/10/2019).

Danpos pun memerintahkan Sertu Holvan Arif bersama tiga anggota untuk segera berangkat menuju ke hutan. Proses persalinan Deliana dibantu Pratu Suparyadi dan Pratu Teguh Utomo dari Takes Pos. 

"Akhirnya melalui proses yang dramatis berhasil melahirkan seorang anak laki-laki dengan proses persalinan berjalan lancar dan kondisi keduanya (ibu dan bayi) dalam keadaan sehat dan selamat,” jelas Rizky.  

Lebih lanjut Dansatgas menuturkan bahwa pihak keluarga sepakat memberi nama sang bayi Rudy Marcelo Darma Putra Maywa, yang merupakan gabungan Lambang Kostrad dan salah satu marga di Suku Kanum. 

"Sebagai bentuk perhatian, Pos Yakyu memberikan bantuan berupa susu kaleng, biskuit, kelambu lapangan, selimut dan beras,” imbuhnya.
 
Nakti Mbanggu, kakek dari sang bayi menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandwa Kostrad yang telah membantu persalinan Deliana. 

“Kami semua berharap Marcelo Dharma Putra dapat menjadi berkat bagi orang lain dan kelak menjadi seorang prajurit TNI seperti bapak-bapak yang membantu kelahirannya,” katanya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar