Yamaha

Diragukan, Dinas LH Ngotot Anggarkan Rp 295,7 Juta untuk Uji Emisi

  Jumat, 01 November 2019   Editor
Ilustrasi uji emisi/Indopos.co.id

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta menganggarkan Rp 295,7 juta untukĀ  uji emisi kendaraan pribadi tahun 2020.

Langkah ini sebagai kampanye ke masyarakat terkait uji emisi kendaraan pribadi, bukan angkutan umum.

"Dishub itu KIR-nya untuk angkutan umum," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih di Ruang Rapat Komisi D DPRD DKI dalam rapat pembahasan anggaran, Jumat (1/11/2019).

Biaya sebesar Rp 295,7 juta tersebut sempat diragukan oleh Pimpinan Komisi D DPRD DKI, Ida Mahmudah.

Dikatakan, kegiatan uji emisi kendaraan seharusnya dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan DKI karena terkait kelayakan kendaraan.

AYO BACA : Pemkot Jaktim Dukung Aksi Warganya Kurangi Polusi

Selain itu kegiatan uji emisi kendaraan pribadi yang dilakukan oleh Dinas LH DKI pada 2019 tidak terlalu diketahui masyarakat.

Meski demikian, Dinas LH meyakinkan bahwa anggaran itu akan digunakan untuk sosialisasi agar masyarakat semakin sadar untuk menjaga kondisi kendaraannya sesuai standar baku mutu emisi.

"Kami akan melakukan uji emisi nantinya 28 kali," kata Andono.

Dinas LH nantinya bekerja sama dengan pihak swasta yaitu ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) untuk melakukan uji emisi pada kendaraan- kendaraan pribadi itu.

Uji emisi kendaraan pribadi oleh Dinas LH DKI juga termasuk ke dalam kegiatan yang terdapat dalam Ingub 66/2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara Jakarta.

Dalam Ingub 66/2019 poin ketiga bagian A, Dinas Lingkungan Hidup DKI diminta untuk perketat uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi di ibu kota.

AYO BACA : Anies Tanggapi Gugatan Terkait Kualitas Udara Ibu Kota

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar