Yamaha

Komunitas Jurnalis Misteri Segera Luncurkan Video Terbaru

  Senin, 04 November 2019   Aldi Gultom

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Apa yang tergambar di benak Anda tentang profesi jurnalis? Umumnya pasti tentang pekerjaan mencari dan menyusun sebuah berita menarik untuk dimuat dalam media massa. 

Tapi pernahkah Anda tahu tentang komunitas para jurnalis yang hobinya mengulik hal-hal mistis? Namanya Jurnalis Misteri.  

Komunitas Jurnalis Misteri memperkenalkan jurnalisme genre baru, yakni jurnalisme mistis. Mereka memproduksi video "liputan" yang kemudian dipublikasikan via channel Youtube. 

Koordinator Jurnalis Misteri, Arfiansyah Ruslan alias Anca, menerangkan, komunitasnya terdiri dari para wartawan yang bekerja di sejumlah media massa tapi disatukan oleh minat yang sama. Mereka jurnalis yang penasaran terhadap fenomena "uka-uka".

Jumlah anggota Jurnalis Misteri ini memang masih sedikit karena belum lama terbentuk. Tetapi, sudah menghasilkan lebih dari 20 video yang menarik perhatian netizen. Satu video yang cukup fenomenal mengenai kematian almarhum Thoriq Rizky Maulidan, pendaki yang hilang di Gunung Piramid, Bondowoso, beberapa bulan lalu.

Anca mengakui bahwa tim Jurnalis Misteri sempat beristirahat selama 4 bulan terakhir karena kesibukan masing-masing.

"Mungkin ada yang menunggu menunggu update dari video Jurnalis Misteri. Video episode terbaru bakal kami tayangkan di November ini, dengan format personel baru," kata Anca kepada redaksi, sesaat lalu. 

Dia katakan, Jurnalis Misteri punya nara sumber berjam tinggi dalam dunia mistis yang bernama Bang Iyan. 

"Bang Iyan bakal membantu sekaligus menjadi narasumber di Jurnalis Misteri. Konsep pengemasan video juga ada perubahan seperti menguak sisi lain dari lokasi yang dianggap seram bagi warga setempat," ujar Anca.

Untuk ke depan, Anca akan tetap menjadi koordinator, mentoring sekaligus editor video Jurnalis Misteri. Lalu ada Reza Stefanus selaku kamerawan, kemudian Emma Renny selaku host yang akan berduet dengan Bang Iyan.

"Penggemar dunia mistis juga bisa request lokasi-lokasi seram untuk tim Jurnalis Misteri eksplor, yang tentunya bisa kami jangkau. Mention dan follow Instagram @jurnalismisteri dan jurnalis_misteri, yang bakal dipegang oleh admin kami, Fier," tambah Anca.

Ada beda antara tim Jurnalis Misteri dengan tim ghost hunting lain yang sudah ada lebih dulu. Jurnalis Misteri ingin lebih mengedepankan edukasi, pesan di balik tempat dan kejadian. 

Bahkan tak sedikit netizen meminta bantuan mereka untuk menganalisa berbagai kasus seperti kasus ingin bunuh diri, sakit karena dugaan santet sampai masalah pekerjaan.

"Bagi yang penasaran dengan video teranyar bisa subscribe, share dan like Youtube Jurnalis Misteri. Jangan lupa bunyikan loncengnya," tambah Anca sambil mempromosikan akun Youtube mereka.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar