Yamaha

Demi Keselamatan Pejalan Kaki, Pemprov DKI Diminta Prioritaskan JPO yang Rusak

  Kamis, 07 November 2019   Dhika Alam Noor
Pengamat tata kota, Nirwono Joga

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Pemandangan baru di salah satu jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Sudirman, Jakarta Sudirman. Posisi tepatnya di antara gedung Wisma Bumiputera dan Menara Astra.

AYO BACA : Pengamat: Sesuai Iklim, JPO di Jakarta Harus Punya Atap

Atap JPO tersebut sudah dibongkar sejak beberapa hari lalu. Pemprov DKI beralasan pemandangan di sekitar Sudirman akan lebih indah terlihat dari atas JPO tanpa atap pada sore hari. Malah rencananya atap dua JPO lainnya di kawasan Sudirman menyusul dibongkar. 

AYO BACA : Memangnya Pejabat DKI Enggak Pernah Nyeberang di JPO?

Pengamat kebijakan perkotaan Nirwono Joga mengapresiasi revitalisasi JPO dengan konsep terbuka ini. Namun perlu diingat, kata dia, fungsi utama JPO untuk penyeberangan bukan berselfie ria. 

"Lebih baik diutamakan dana anggaran yang terbatas itu digunakan untuk memperbaiki JPO yang masuk kategori rusak atau hampir roboh demi keselamatan pejalan kaki," ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (7/11/2019). 

Nirwono mengingatkan, sebagian besar pengguna JPO untuk aktivitas sehari-hari baik saat terik matahari maupun hujan. 

"Pejabat terlihat sangat jarang menggunakan atau menyebrang melintasi JPO sehingga tidak merasakan panasnya atau kehujanan saat di JPO," cetus Nirwono. 

AYO BACA : JPO Bikin Pengendara Apatis kepada Penyeberang Jalan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar