Dua Nama dari PKS Macet, Sekda Saefullah Masuk Nominasi Gerindra

  Jumat, 08 November 2019   Aprilia Rahapit
Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah/Antara

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Pencalonan Wakil Gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno masih saja belum temui titik temu.

Namun, Partai Gerindra sudah mengusulkan empat orang calon kepada mitra koalisinya Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Satu di antara nama calon dari Gerindra adalah Saefullah yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DKI Jakarta. 

"Arnes Lukman, Ferrily Julianto, Riza Patria, Saefullah," ungkap Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Gerindra, Muhammad Taufik, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (7/11/2019) malam.

Empat nama tersebut diajukan karena dua nama calon dari internal PKS yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu, belum dipastikan bisa mendampingi Gubernur Anies Baswedan.

AYO BACA : Tanpa Dukungan Gerindra dan PKS, Sulit Bagi Saefullah Jadi Wagub

"Hasil informasi internal Gerindra, kemarin dua nama macet. Jangan-jangan figurnya kurang diterima DPRD atau kurang komunikasi. Pertimbangannya, ya sudah kami juga usulkan. Dari kami ada, dari PKS juga ada," lanjut Taufik.

Nama Saefullah masuk dalam bursa Cawagub internal Gerindra karena pengalamannya yang cukup tinggi dalam dunia birokrasi.

"Kami kan objektif saja. Menurut kami yang memadai, (Cawagub) yang dari luar partai kami juga terima. Sekda kan mumpuni jadi Wagub," jelasnya.

Namun, ia akui Gerindra belum membicarakan soal pencalonan itu dengan Saefullah.

"Belum, saya belum (komunikasi ke Saefullah). Sekdanya belum tahu juga tuh (dicalonkan)," tuturnya.

AYO BACA : Saefullah Berbekal Jam Terbang Tinggi untuk Jadi Wagub, Tapi..

"Saya umpetin itu, karena (wartawan) nanya, maka saya buka," lanjut Taufik. 

Gerindra juga tidak persoalkan Saefullah yang mendekati masa pensiun. Masa pensiun tidak jadi penghalang Saefullah untuk menjadi wakil gubernur.

"Enggak ada urusan Sekda pensiun, kita enggak urusan. Gerindra bicara nama dari dalam partai dan siapa nama dari luar. Kami bilang Sekda saja," ujarnya.

Yang pasti, saat ini empat nama calon Wagub itu masih sebatas usul Gerindra kepada PKS.

"Belum, ini usulan kami ke dia. Boleh dong usul karena kami lihat (pencalonan dari PKS) macet," sambungnya. 

Nama Sekda Saefullah sebagai Cawagub sebetulnya sudah beredar sejak lama namun baru diumumkan Gerindra secara resmi. Kabar yang didapatkan redaksi, latar Saefullah sebagai tokoh Nahdlatul Ulama Jakarta dan pendekatan dari Fraksi PKB membuat nama Saefullah berpeluang besar menjadi Wagub DKI sampai 2022.

AYO BACA : Pengamat: Peluang Sandiaga Duduki Lagi Kursi DKI 2 Sangat Terbuka Lebar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar