Begini Cara Pemerintah Kabupaten Bekasi Galakkan Gotong Royong Warganya

  Jumat, 08 November 2019   Aldi Gultom
Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama masyarakat desa terbaik dalam program Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 tahun ini/Dok. Humas Setda Kabupaten Bekasi

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kembali merangsang kebersamaan warganya dalam gotong-royong lewat pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM).

Asisten Daerah I Pemerintah Kabupaten Bekasi, Juhandi, di Cikarang, mengatakan bahwa tujuan pencanangan BBGRM adalah menggerakkan peran aktif masyarakat melalui kebersamaan, kekeluargaan, gotong-royong dan swadaya masyarakat.

Dia mengakui, semangat gotong royong dan swadaya masyarakat Bekasi perlahan luntur sehingga harus jadi perhatian bersama.

"Saya menilai semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan harus kita bangun kembali. Ini tentu sesuai tema kegiatan ini yaitu Dengan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Kita Dayagunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa Sebagai Mitra Pemerintah Desa," ujarnya.

Menurut dia, diperlukan penguatan fundamental sosial budaya masyarakat Kabupaten Bekasi untuk bisa mewujudkan tujuan dari kegiatan ini.

Camat Tambun Selatan, Junaefi, mengatakan salah satu upaya yang dilakukan pihaknya untuk menggalakkan gotong royong adalah berkoordinasi bersama Muspika serta perangkat desa.

"Seperti mewajibkan masing-masing lingkungan di Kecamatan Tambun Selatan untuk membentuk bank sampah serta menyadarkan masyarakat untuk belajar mengelola sampah," katanya.

Junaefi mengaku persoalan sampah di wilayahnya tidak akan pernah selesai tanpa partisipasi semua pihak untuk membersihkannya dengan gotong royong.

Pihaknya juga berencana menggandeng Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi dalam kegiatan sosialisasi gerakan 'zero waste' yang akan melibatkan para murid dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Jadi akan mewajibkan sekolah-sekolah agar muridnya membawa tempat minum dan tempat makan sendiri dari rumah sehingga dapat mengurangi sampah," tambah Junaefi.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar