Yamaha

Pemilu 2019: Jumlah Caleg Perempuan Bertambah, Jumlah yang Terpilih Juga Bertambah

  Senin, 11 November 2019   Aldi Gultom
Ilustrasi - aksi damai kaum perempuan mendukung pemenuhan kuota 30 persen perempuan di parlemen RI/Tempo.co

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaporkan peningkatan jumlah kandidat perempuan dalam Pemilu Lagislatif 2019, saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Jadi Pemilu 2014 dan Pemilu 2019, jumlah kandidat perempuan meningkat sebagaimana amanah dalam undang-undang tentang afirmasi keterwakilan perempuan," kata Ketua KPU RI, Arief Budiman, dalam kata sambutannya saat bertemu Presiden di Istana Merdeka, Senin (11/11/2019).

Bahkan, tambah Arief, jumlah kandidat terpilih dari kalangan perempuan juga mengalami peningkatan. Untuk DPR RI dan DPD RI, ada 131 caleg perempuan yang terpilih pada Pemilu 2014. Sementara pada Pemilu 2019, ada 162 caleg perempuan yang terpilih untuk DPR RI dan DPD RI. 

Peningkatan juga terlihat dari partisipasi pemilih secara umum yakni sekitar 7 persen.

"Pada Pemilu 2019, (partisipasi pemilih) naik cukup signifikan dari 75 persen menjadi 82 persen. Jadi, mengalami kenaikan 7 persen," ujar Arief.

Jumlah partisipasi pemilih 82 persen itu melebihi target nasional 77,5 persen.

Sejumlah hal terkait Pemilu 2019 dirangkum KPU dalam Buku Laporan Pelaksanaan Pemilu yang diserahkan kepada Presiden Jokowi dalam pertemuan tadi.

KPU juga membahas tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada Serentak) yang akan berlangsung tahun depan.

Presiden Jokowi menerima kunjungan KPU Pusat di Istana Merdeka, Jakarta pada sekitar pukul 09.30 WIB tadi. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar