Yamaha

Selamat, Anna Kusumah Jadi Warga Kehormatan Kota Seoul

  Kamis, 14 November 2019   Widya Victoria
Anna Kusumah foto bersama Wakil Kepala Perwakilan RI, Siti Sofia Sudarma dan Walikota Park Won-soon/KBRI Seoul

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Anna Kusumah bersama 17 warga asing dari 14 negara dipilih sebagai warga kehormatan Kota Seoul. 

Anna Kusumah mendapat penghargaan tersebut pada Rabu (13/11/2019) karena dinilai telah berhasil dalam upaya mendekatkan Indonesia dan Korea Selatan melalui perannya sebagai pengajar bahasa Indonesia dan instruktur pendidikan multi budaya di Kota Seoul. 

Anna juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan yang berorientasi pada proses adaptasi warga asing, terutama dari Indonesia dan negara-negara ASEAN di Seoul. 

Wakil Kepala Perwakilan RI, Siti Sofia Sudarma yang turut hadir dalam upacara penganugerahan tersebut turut menyampaikan rasa bahagianya. 

"Selamat kepada Ibu Anna Kusumah yang telah turut berkontribusi pada peningkatan hubungan ke dua negara. Semoga ini menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia yang saat ini bermukim di Korea Selatan, terutama di Kota Seoul," ucapnya. 

Selain Anna Kusumah adalah Edeltrud Kim, penduduk asli Jerman, yang pertama kali datang ke Korea pada tahun 1975 bersama almarhum suaminya. Dia mendirikan Pusat Anak Komunitas SAM (School Age Mentoring) pada tahun 2003 untuk mendukung anak-anak dari keluarga kurang mampu. Dalam pidato penerimaan selama upacara penganugerahan, dia berharap untuk mendedikasikan hidupnya lebih banyak ke Kota Seoul. 

Walikota Park Won-soon dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya menganggap orang asing yang mengunjungi atau tinggal di Seoul sebagai tambahan berharga bagi 10 juta warga ibukota. 

Pemerintah Kota Seoul telah menawarkan kewarganegaraan kehormatan kepada warga non-Korea yang telah menunjukkan dedikasi mereka kepada kota ini setiap tahun sejak 1958. Sejauh ini terdapat  853 orang dari 98 negara telah mendapatkan penghargaan tersebut.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar