Gempa 5,1 SR Guncang Bali, Sejumlah Bangunan Rusak

  Kamis, 14 November 2019   Dhika Alam Noor
Kerusakan bangunan pasca gempa di Bali/BPBD Bali

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Gempa berkuatan 5,1 Skala Richter mengguncang Bali pada Kamis (14/11/2019) sekitar pukul 17.21 WIB 

Meski tidak berpotensi tsunami, gempa mengakibatkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan.

Pusat gempa berada di 8,16 Lintang Selatan, 114,90 Bujur Timur atau 21 kilometer Barat Daya Buleleng pada kedalaman 10 kilometer. 

''Kerusakan bangunan toko di Desa Musi Kecamatan Gerokgak, tembok bangunan retak milik Sachrul Ramdani. Bangunan rusak di Desa Telaga Kecamatan Busungbiu dan bangunan rusak di Desa Pangkungparuk Kecamatan Seririt,'' jelas Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali I Made Rentin dalam keterangannya.

Gempa dirasakan sangat keras di Jembrana. Masyarakat berhamburan ke luar rumah. Guncangan terjadi selama 5 hingga 8 detik. Di Kota Denpasar gempa dirasakan cukup kuat. 

''Di Buleleng gempa dirasakan dua kali getaran, warga sempat panik. Belum ada laporan kerusakan. Tabanan gempa dirasakan lemah, belum ada info terkait kerusakan, warga tidak panik,'' tutur Made Rentin. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat, gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di sejumlah wilayah. Di antaranya, getaran dengan skala III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI) di Buleleng, skala III MMI di Denpasar, III MMI di Kuta, III MMI di Jembrana, III MMI di Mataram (NTB), II MMI di Lombok Barat, dan II MMI di Banyuwangi (Jawa Timur). 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar