Yamaha

Dua Jenis Mobil Ini Diprediksi Ngetren Sepanjang 2020

  Sabtu, 16 November 2019   Aldi Gultom
Ilustrasi Toyota SUV/consumerreports.org

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Segmen kendaraan utilitas sport (SUV) di Indonesia masih berpeluang tinggi untuk merajai pasar mobil Indonesia pada tahun depan.

Demikian pendapat Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, ketika membagi pendapatnya mengenai prediksi tren mobil pada tahun 2020 di Indonesia.

"SUV masih menjadi favorit di Indonesia, kalau dilihat dari tahun ini. Bukan hanya dari Toyota tapi juga merek lain. Kalau di Toyota, (penjualan) Rush selama dua tahun terakhir ini di atas ekspektasi kita," katanya.

Jenis SUV pun beragam. Jumlah kursinya antara lima sampai 7 kursi. Dari sisi bentuk dan model, ada SUV dengan tampilan crossover dan menyerupai Jeep. Menurutnya, model SUV seven-seater (7 kursi) masih menjadi segmen yang dominan di Indonesia. 

"Segmen SUV, kalau kita bandingkan dengan lima tahun lalu, memang makin lama makin banyak. Walau kita enggak bisa lihat kalau semua itu murni SUV," jelas Anton.

Selain SUV, Anton memprediksi mobil listrik juga bisa menjadi tren di tahun 2020 menyusul regulasi kendaraan dan elektrifikasi yang direncanakan terbit pada 2021.

"Kedua, ini mungkin tidak banyak, tapi mobil-mobil elektrifikasi di tahun depan sudah mulai masuk, karena di 2021 regulasi sudah mulai berubah," ungkap Anton.

Karena itu, bukanlah kejutan bila Toyota maupun perusahaan otomotif lainnya akan mulai memperkenalkan mobil listrik kepada masyarakat Indonesia.

"Di tahun 2020, Toyota akan mulai mengedukasi pasar soal elektrifikasi. Edukasi bisa melalui event, pameran. Bahkan untuk dealer pun, paling tidak ada yang sudah ahli di bidang itu, baik untuk penjualan dan mekanik dan akan kami tambah lagi," jelas Anton.

Ia optimis kehadiran kendaraan listrik di Indonesia akan terus meningkat secara bertahap menyusul komitmen pemerintah atas teknologi terbarukan.

"Akan banyak wacana dan dukungan dari pemerintah secara bertahap untuk elektrifikasi ini," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar