Raih Predikat Provinsi Paling Memesona, Jakarta Tingkatkan Kolaborasi dengan Komunitas

  Rabu, 20 November 2019   Aldi Gultom
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, menyerahkan penghargaan kepada Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Gumilar Ekalaya pada Minggu 17 November 2019 (iNews.id/Vien Dimyati)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pemprov DKI Jakarta senantiasa konsisten dan berkomitmen melestarikan seni dan budaya lokal. Perhatian dan pembinaan terhadap komunitas maupun pelaku seni budaya akan terus diberikan.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya, terkait penghargaan Provinsi Paling Memesona yang diterima DKI Jakarta dalam ajang Festival Pesona Lokal (FPL) 2019.

Gumilar mengatakan, penghargaan tersebut memacu Disparbud DKI Jakarta untuk semakin meningkatkan sektor pariwisata, khususnya seni maupun kebudayaan Betawi.

Menurutnya, berbagai festival sepanjang tahun rutin diadakan Pemprov DKI untuk memberi panggung kepada para pelaku seni budaya sekaligus menjadi hiburan edukatif bagi warga Jakarta.

"Apalagi tahun depan mau ada pemisahan Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata, jadi pastinya ke depan akan lebih fokus dalam melakukan pembinaan dari unsur seni budaya dan fokus menggarap destinasi dan potensi pasar pariwisata," terangnya.

Pemprov DKI Jakarta melalui Disparbud akan terus menggenjot kolaborasi dengan komunitas maupun lembaga seni dan kebudayaan di Jakarta. Hal ini selaras dengan konsep City 4.0 di mana pemerintah sebagai kolaborator dan masyarakat sebagai co-creator.

Ia menambahkan, Jakarta juga bisa dibanggakan karena memiliki berbagai destinasi wisata menarik, yang bukan hanya ikonik, tapi juga merepresentasikan kebudayaan Betawi.

"Dari sisi seni budaya tentu kita punya komunitas dan lembaga, ada LKB hingga Bamus Betawi. Kita punya Taman Benyamin Sueb, Setu Babakan, ini sebetulnya sesuai dengan misi Pak Gubernur akan mengedepankan adanya kolaborasi," ungkapnya.

Wajah baru Jakarta, khususnya di sisi transportasi, menjadi nilai tambah yang menjadikan Jakarta sebagai provinsi memesona.

"Terkait dengan perubahan yang telah dilakukan Pemprov DKI dari sisi transportasi ada MRT, LRT, Jak lingko. Melalui perubahan wajah baru Jakarta yang signifikan mungkin ini menjadikan Jakarta semakin memesona," tutur Gumilar.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar