Yamaha

Cegah Overpopulasi, 5 Komunitas Adakan Sterilisasi Kucing Liar

  Minggu, 24 November 2019   Hendy Dinata
Lima komunitas di Jabodetabek melakukan strerilisasi kucing (Ayojakarta.com -- Hendy Dinata)

JAKARTA SELATAN, AYOJAKARTA.COM -- Semakin banyaknya populasi kucing liar di wilayah Jabodetabek membuat 5 komunitas menggelar sterilisasi guna menekan angka populasi kucing liar yang dapat meresahkan masyarakat.

Lima komunitas penggiat steril yang tergabung dalam #ProjectSterilBareng tersebut adalah Let'sAdopt Indonesia, Rumah Steril, Soulcare.cat, Steril Malabar Bogor, dan SterilDonk!!.

Koordinator #ProjectSterilBareng, Carolina Fajar mengatakan kegiatan tersebut dilakukan agar masyarakat ikut peduli akan populasi kucing liar dan membantu Pemprov DKI Jakarta.

"Ya, kegiatan ini untuk mensterilkan kucing jalanan, agar masyarakat peduli, membantu pemerintah juga," ujarnya, Minggu (24/11/2019).

Dikatakan Carolina, ada ratusan kucing liar yang disterilisasi pada kegiatan #ProjectSterilBareng kali ini.

AYO BACA : Jakarta Konsisten Jaga Penularan Rabies

"Ada 110 ekor kucing liar yang kita sterilisasi di kegiatan kali ini," katanya.

Carolina menjelaskan, untuk kucing jantan yang disterilisasi akan diambil buah testikelnya. Sedangkan untuk kucing betina diangkat rahimnya.

Menurutnya, banyak kucing liar yang sudah melahirkan di umur 4 bulan. Hal tersebut diyakini sebagai penyebab melonjaknya angka populasi kucing liar.

Carolina memastikan pihaknya akan melepas kucing liar ke tempat asalnya. Namun sebelum itu, kucing-kucing tersebut akan dirawat inap lebih dulu.

"Setelah dioperasi, kucing akan dirawat inap dulu agar pulih. Lalu setelah itu dilepas ke tempat asalnya. Kalau jantan, dirawat inap 1-2 hari. Untuk betina, 5 hari," pungkasnya.

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar