Yamaha

PIBC Resmi Jadi Pasar Sadar BPJS Ketenagakerjaan

  Selasa, 26 November 2019   Editor
Wali Kota Jaktim M Anwar meresmikan PIBC sebagai Pasar Sadar BPJS Ketenagakerjaan (timur.jakarta.go.id)

PULOGADUNG, AYOJAKARTA.COM -- Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) resmi menjadi Pasar Sadar BPJS Ketenagakerjaan. 

Peresmian PIBC sebagai Pasar Sadar BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu bentuk sinergitas antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemkot Jakarta Timur.

Wali Kota Jaktim M Anwar mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Rawamangun yang memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan kepada seluruh pekerja yang ada di wilayah hukum Kota Jaktim.

''Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Pasar Induk Beras Cipinang ini sebagai bentuk perlindungan kepada seluruh pedagang yang merupakan pekerja, baik itu penerima upah maupun tidak menerima upah. Nah, di Pasar Induk Beras Cipinang ini hampir seluruh pekerjanya sudah sadar akan pentingnya perlindungan dan didaftarkan atau mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,'' jelasnya di PIBC, Jalan Pisangan Lama Selatan, Selasa (26/11/2019).

Tercatat sebanyak 1789 tenaga kerja di PIBC telah mendaftar BPJS Ketenagakerjaan. Adapun rincian terdiri dari 537 tenaga kerja penerima upah yaitu pedagang dan karyawannya serta 1252 tenaga kerja bukan penerima upah yakni buruh angkut, pekerja gudang dan petugas kebersihan.

Menurut Wali Kota Anwar, berbagai program Jaminan telah ditawarkan bagi seluruh pekerja. Di antaranya Program Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

''Dari ke empat itu diharapkan seluruh pekerja dapat terdaftar dalam program kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Kita tidak tahu risiko kerja selalu ada dan dapat terjadi menimpa pekerja apapun di tempat kerjanya, termasuk pedagang,'' ujarnya.

Diharapkan, dengan PIBC menjadi Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dapat menyadarkan masyarakat pekerja serta pedagang di pasar lain di Kota Jaktim akan pentingnya perlindungan saat bekerja.

''Kita akan terus dorong jaminan ini cukup dirasakan banyak manfaatnya bagi seluruh masyarakat pekerja. Mudah-mudahan pasar induk beras ini dapat menularkan bagi seluruh pekerja dan pedagang di pasar lainnya,'' kata Wali Kota Anwar.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi mengapresiasi Pemkot Jaktim yang sudah menghadirkan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan.

''Kalau dulu hanya pekerja formal yang bisa memiliki proteksi, kini pekerja sektor informal pun bisa memperoleh proteksi yang sama,'' ujarnya.

Sementara Asisten Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah DKI Jakarta Arif Zahari menambahkan, pasar sadar digelar untuk membangun kesadaran para pedagang dan masyarakat terkait program dan manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya para pelaku usaha.

''Selain menjaring kepesertaan, pasar sadar ini diharapkan memberikan edukasi kepada pelaku usaha dan pengunjung pasar. Agar masyarakat lebih mengenal program BPJS Ketenagakerjaan sehingga menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial,'' pungkas Arif. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar